Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

10 Amalan Kecil Ini Berpahala Besar di Bulan Ramadan, Wajib Tahu!

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Ramadan

Amalan kecil yang dilakukan terus menerus Allah lebih suka daripada amalan besar namun tidak dilakukan dengan istiqomah.

Jadi, seandainya kita belum dapat melakukan banyak amalan besar, kerjakan saja amalan-amalan kecil namun dilakukan rutin setiap hari.

Nah, beberapa amalan kecil berikut ini dapat kita terapkan setiap hari untuk semakin mendulang pahala terlebih dilakukan pada bulan Ramadan, insyaallah pahala berlipat ganda.

Membaca Al Qur’an merupakan amalan yang dapat kita lakukan setiap hari dan rutin.


1. Wudu yang sempurna

Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan, dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Membaca Al-Qur’an

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya, dan aku tidak mengatakan الٓمٓ satu huruf akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Salat berjamaah

Diriwayatkan Al-Imam Muslim bahwa Rasulullah Muhammad SAW telah bersabda,

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim)

Salat sunah merupakan salah satu amalan yang rutin dapat kita lakukan setiap hari.


4. Salat sunah sebelum subuh

Diriwayatkan Al-Imam Muslim bahwa Rasulullah Muhammad SAW:
“Dua rakaat fajar (salat sunah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

5. Berzikir setelah subuh

“Barangsiapa salah subuh berjamaah, kemudian dia duduk untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia salat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna.” (HR. At-Tirmidzi)

6. Salat duha dua rakaat

Diriwayatkan Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Muhammad SAW:

“Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan salat duha sebanyak dua rakaat.” (HR. Muslim)

7. Salawat kepada Nabi

Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

“Barang siapa yang bersalawat kepada saya sekali salawat, maka Allah subhanahu wa ta’ala akan bersawalat kepadanya sepuluh kali lipat.” (HR. Muslim)

8. Menyingkirkan gangguan di jalan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

Kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ada seorang laki-laki yang pernah berjalan mendapati ranting pohon yang jatuh di tengah jalan, maka orang tersebut mengatakan, ‘Demi Allah saya akan menyingkirkan ranting pohon ini, sehingga tidak menyakiti, mengganggu orang-orang Islam,’ apa kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam? ‘Dia dimasukkan ke surga’.” (HR. Muslim)

9. Mengajak orang untuk berbuat baik

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

“Barang siapa yang mengajak pada kebaikan, maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barang siapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat, maka dia mendapat dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)

10. Tersenyum

Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

“Senyummu kepada saudaramu adalah suatu sedekah.” (HR. At-Tirmidzi)
Subhanallah, sebetulnya begitu mudah jalan untuk memperoleh banyak pahala dengan amalan-amalan kecil yang dapat kita lakukan setiap harinya. Tinggal seberapa rutin kita melakukannya.

Semoga amalan-amalan kecil tadi dapat mulai dibiasakan setiap hari di bulan Ramadan ini dan tetap dapat dilakukan meski Ramadan berakhir nanti.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00