Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

2 Sifat Ini Jadikan Kita Umat Terbaik Saat Ramadan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Umat Muhammad

RamadhanBerbagi.id – Hidup di dunia tidaklah begitu lama, tentu kita harus berjuang dan berusaha untuk menjadi hamba Allah yang terbaik yang dalam Alquran surah al-bayyinah dikatakan khairul bariyyah sebaik-baiknya hamba Allah

Siapa sebetulnya sebaik-baiknya hamba Allah, mereka itu adalah innalladzi Na’am anu uang amilus sholihati .

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh itulah hamba Allah yang terbaik.

Mengapa orang yang beriman dikatakan sebagai hamba Allah yang terbaik? Rasulullah memberikan sebuah penjelasan, sungguh orang yang beriman itu punya dua sifat yang menakjubkan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Sejak anak-anak, ajari untuk bersyukur dan bersabar agar kelak menjadi umat terbaik

Apa sifat yang pertama sifat yang pertama telah selalu bersyukur ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah berupa apapun kenikmatan itu dan sekecil apapun kenikmatan itu tidak pernah melewatkan untuk bersyukur.

Tidak sebatas mengucap alhamdulillah tapi hatinya juga bersyukur.

Namun demikian juga perilakunya juga perilaku orang yang bersyukur

Sifat yang kedua orang yang beriman itu adalah mereka selalu bersabar kita mendapatkan berbagai ujian Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Sifat syukur, sifat sabra, bukan buah sifat yang datang seketika namun butuh proses namun butuh riyadhoh, namun butuh latihan

Mengapa butuh latihan karena memang manusia diciptakan Allah dengan membawa tiga sifat bawaan.  

Bersyukur atas nikmat yang diberi merupakan salah satu syarat menjadi umat terbaik

Sifat yang pertama, manusia memang kurang bersyukur sifat yang kedua memang manusia kurang bersabar yang ketiga memang manusia punya sifat tergesa-gesa.

Dan bulan Romadhon ini bulan yang memang melatih kita untuk menjadi hamba Allah yang bersyukur yang bersabar dan juga tidak tergesa-gesa lebih khusus terkait dengan sabar.

Karena apa karena Allah memang selalu bersama-sama dengan orang yang bersabar.

Sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sangat paling tidak sabar itu terbagi menjadi tiga.

Yang pertama sabar ketika melaksanakan perintah-perintah Allah chatib keringat salat tidak ring haji tidak ringan manakala ternyata tidak dilandasi dengan sabar karena begitu banyaknya ujian ujian yang Allah berikan kepada orang yang bersabar.

Bersabar ketika kita menghadapi berbagai macam maksiat meninggalkan berbagai macam larangan.  Oh bisa jadi perintah dilaksanakan tapi berat untuk meninggalkan larangan atau sebaliknya.

Dan yang ketiga tentu bersabar ketika kita diberikan musibah oleh Allah subhanahu wa ta’ala tentu dengan berbagai macam musibah sebagaimana yang tercantum dalam Alquran surah al-baqarah ayat 155 .

Bisa jadi ternyata musibah berupa rasa takut kurang makan, naik turunnya penghasilan, gagal berhasil panen itu semua ternyata ujian Allah.

Dan kata Allah wabasysyirish shobirin yang berhak mendapatkan kabar gembira hanyalah orang-orang yang bersabar

Siapa orang yang bersabar alladziina idzaa ashobathum musibah olu innalillahi wa inna ilaihi rojiun mereka itulah orang yang selalu mengembalikan bahwa kita itu adalah milik Allah dan kita pun pasti akan kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Insya Allah dengan dua sifat syukur sabar ditambah dengan tidak tergesa-gesa kita menjadi hamba Allah yang Khairul bariyyah hamba Allah yang terbaik di mata Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00