Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

3 Keutamaan Membayar Zakat Fitrah Bagi Umat Islam

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Berzakat

3 keutamaan zakat fitrah bagi umat Islam. Memasuki pekan terakhir ibadah di bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah. Zakat fitrah adalah amalan yang dilaksanakan sebelum salat Idul fitri esok harinya.

Zakat fitrah harus ditunaikan bagi muslim yang memiliki kemampuan menunaikannya.

Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan kepada setiap umat muslim sebagai santunan kepada orang miskin, tanda berakhirnya bulan Ramadan dan sebagai penyempurna ibada puasa.

Keutamaan membayar zakat salah satunya adalah mewujudkan kebahagiaan yang merata sesama muslim.

Zakat fitrah ini ditunaikan maksimal sebelum salat Idul Fitri. Ketentuan zakat fitrah tersebut didasarkan hadis Rasulullah SAW :

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ‎

Artinya: “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas oaring muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wamita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri” (HR Bukhari dan Muslim).

Sebagai hal yang diwajibkan, zakat fitrah mempunyai keutamaan dan hikmah dimana kita bisa berbagi dengan sesama melalui zakat yang ditunaikan sekaligus membersihkan diri dari hal yang mengotori pahala ibadah di bulan puasa.

Berikut ini, 3 keutamaan zakat fitrah sebagai penyempurna ibadah puasa Ramadan :
Pertama adalah dilihat dari kebermanfaatannya bagi orang yang berpuasa. Dengan menunaikan zakat fitrah akan membersihkan diri dari dosa dan perbuatan keji serta menyempurnakan ibadah puasa yang telah dijalankan selama satu bulan.

Selama menjalankan ibadah puasa tentunya kita masih sering khilaf dan perbuatan dosa baik disengaja maupun tidak. Maka dari itu, fungsi dari membayar zakat fitrah yaitu membersihkan diri dari perbuatan dosa dan keji seperti berkata kotor, berdusta, hasut, dan dengki antar sesame.

Oleh sebab itu, zakat fitrah hadir sebagai pengganti dan penyempurna terhadap hal-hal yang masih kurang tersebut.

Kedua, dilihat dari kemaslahatan umat. Dengan berzakat fitrah, menjadi bukti kepedulian antar sesama muslim, terlebih lagi fakir miskin yang sangat membutuhkan uluran tangan saudara muslim lainnya.

Hal ini pastinya menjadi momen yang tepat dimana kita bisa berbagi sehingga bisa merayakan hari kemenangan yakni, Idul Fitri bersama-sama lainya baik yang kaya maupoun orang tidak berpunya.

Kebahagiaan dan kemenangan muncul tatkala kita mampu berbagi dan membuat orang lain juga merasakan kebahagiaan.

Melalui penunaian zakat fitrah, saudara muslim yang kekurangan akhirnya mendapat bantuan seperti, kebutuhan pokok sehingga juga bisa merayakan Idul Fitri sama seperti muslim yang lainnya.

Keutamaan ketiga adalah memaknai Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan hari kebahagian muslim setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan.

Namun kebahagiaan ini mungkin tidak dirasakan oleh kaum fakir miskin, melihat kekurangan yang ada pada mereka, berbeda dengan kebahagiaan yang dirasakan orang yang memiliki kecukupan harta.

Oleh karena itu, kewajiban menunaikan zakat fitrah ini merupakan jalan keluar syari’at untuk mewujudkan kebahagiaan merata umat Muslim secara keseluruhan, Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Cukupilah kebutuhan (fakir miskin), agar mereka tidak meminta-minta pada hari seperti ini.” (Sunan Daruqutni: 67).

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00