Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

3 Waktu Yang Mustajab Untuk Yang Berdo’a Dibulan Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

tiga waktu mustajab dibulan ramdhan

Bulan ramadhan hadir telah tiba dengan berbagai keutamaan serta keberkahannya. Dan tidak sekarang kita semua sudah memasuki pertengahan bulan ini. Semoga ibadah puasa serta seluruh amal kebaikan dari mulai berpuasa sampai dengan hari ini kita berpuasa diterima dan diberikan pahala yang berlipat ganda oleh Allah swt.

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa, ada yang menyebutnya dengan bulan Al-Quran, bulan sedekah dan juga ada yang menyebutnya sebagai bulan do’a. Dibulan ramadhan ini kita semua dianjurkan untuk memperbanyak do’a kepada Allah swt. Dan insyaallah do’a-doa kita dibulan ramadhan akan diijabah oleh Allah swt.

Bulan ramadhan adalah bulan dimana setiap do’a akan diijabah oleh Allah swt. Dalam hal ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar setiap do’a kita dika bulkan oleh Allah swt diantaranya, memohon hanya kepada Allah, memenuhi seluruh perintah Allah serta menjauhi larangan-larangannya dan beriman kepada Allah dan meyakini bahwasannya hanya Allah swt. tempat kita meminta pertolongan.

Berdo’a merupakan amunisi terakhir yang dimiliki oleh seorang hamba, dengan do’a yang mustahil menjadi mustajab, yang tidak mungkin menjadi mungkin dan yang jauh menjadi dekat. Dibulan ramadhan ini selain meningkatkan amal kebaikan kita juga harus meningkatkan do’a kita sebab pada bulan ini ada beberapa waktu yang mustajab untuk memanjatkan do’a diantaranya sebagai berikut.

Waktu sahur

Waktu sahur adalah waktu yang mustajab untuk kita memanjatkan do’a kepada Allah swt. sebagai sabda nabi saw. sebagai berikut.

Berdasarkan hadits diatas kita bia mengambil hikmahnya bahwa do’a setiap hamba serta permohonan ampunannya pada waktu sahur, maka Allah akan mengabulkan doanya serta mengampuni do’anya. Untuk itu marilah kita manfaatkan waktu sahur ini untuk memperbanyak do’a dan beristighfar kepada Allah swt.

Saat Berpuasa

Saat beribadah puasa banyak sekali kesempatan untuk memperbanyak kebaikan kita, salah satunya dengan cara memperbanyak dzikir dan memanjatkan do’a kepada Allah swt. adapun do’a orang yang berpuasa merupakan salah satu do’a yang tidak akan ditolak oleh Allah swt. sebagaimana sabda nabi saw. berikut.

Selain do’a orang yang berpuasa, golongan lainnya yang tidak akan ditolak do’anya oleh Allah swt. adalah do’a orang tua kepada anaknya dan do’a seorang musafir. Nah melihat hal tersebut, bagi orang yang masih ada orang tuanya, maka tidak salah untuk memohon kepadanya untuk dido’akan dan juga bagi yang sedang bepergian dibulan ramadhan maka sebaiknya memperbanyak do’a kepada Allah swt.

Saat Berbuka Puasa

Waktu berbuka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang berpuasa untuk segera berbuka dan melepas rasa haus dan laparnya. Selain itu, waktu berbuka puaa juga merupakan waktu mustajabnya do’a sebagai mana sabda nabi saw. berikut.

Sebaimana diterangkan dalam hadits tersebut, bahwasannya orang yang berbuka puasa merupakan salah satu orang yang do’anya tidak akan tertolak, dengan demikian marilah kita manfaatkan waktu ini untuk memperbanyak do’a kita kepada Allah swt. jangan sampai kita kehilangan kesempatan dan menjadi orang yang menyesal dikemudian hari.

Diatas merupakan waktu yang mustajab untuk berdo’a, sebagai seorang hamba marilah kita perbanyak do’a kita kepada Allah swt. dan ditengah pandemi COVID-19 ini marilah berdoa agar wabah ini secepatnya diangkat dari bumi ini. Adapun salah satu amalan yang dapat mempercepat do’a kita untuk dikabulkan adalah sedekah, untuk itulah lengkapilah do’a-do’a kita dengan melakukan sedekah.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00