Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

5 Amalan Penghapus Dosa, Apa Yang Sering Kita Lakukan?

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Ramadhan berbagi syiar

Manusia tidak lepas dari khilaf dan salah sehingga ia tidak memiliki kemungkinan untuk terlepas dari perbuatan dosa, baik yang disengaja ataupun tidak dan juga dosa kecil maupun dosa besar. Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna kecuali Nabi Muhammad Saw. yang memiliki budi pekerti yang agung (khuluqin adzim), teladan yang baik (uswatun hasanah) dan dijaga oleh Allah dari perbuatan dosa (ma’shum).

Dari segi pengertian dosa adalah perbuatan maksiat atau pelanggaran terhadap segala larangan Allah. Rasulullah saw. menyebutkan bahwa dosa itu adalah kebalikan dari perbuatan baik, ia akan menjadikan hari yang melakukannya merasa gelisah dan merasa malau jika perbuatannya itu dilihat atau diketahui orang lain.

Setiap orang tidak bisa melepaskan diri dari perbuatan dosa, sebab itu seorang penyair yang terkenal yakni Abu NAwas menulis sebuah syair Al-I’tiraf yang berisi tentang pengakuan dosa, dimana syair itu menggambarkan kegelisahan setiap manusia atas dosanya yang terus bertambah setiap harinya, padahal dibalik itu umur semakin berkurang.

Dalam sebuah bait pada syair tersebut dituliskan “Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain Engkau?” bait tersebut merupakan gambaran dari puncak penyerahan dan pengakuan kepada Allah swt. yang merupakan satu-satunya Dzat Yang Memberikan Ampunan kepada hamba-Nya.

Dari semua kegalauan dan rasa gelisah karena dosa yang terus bertambah pada setiap harinya, dengan kasih sayang dan rahmata-Nya, Allah senanttiasa berkehendak menghapus dan mengampuni dosa-dosa dari setiap hamba-Nya dengan cara memberikan pedoman agar dosa-dosa itu bisa di ampuni. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan namun dapat menghapuskan dosa.

Bersalaman merupakan amalan yang dapat menggugurkan dosa-dosa

1. Menjabat Tangan

Allah swt. Maha Mengetahui bahwa setiap hamba-Nya tidak terlepas dari perbuatan dosa dan bahkan dosanya terus bertambah setiap hari. Menjabat tangan atau bersalaman merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad yang bisa menggugurkan dosa-dosa, Rasulullah saw. bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud sebagai berikut.

“Tidaklah dua muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa dianta keduanya sebelum berpisah.”

2. Berwudhu

Wuhdu selain sebagai rukun dan salah satu syarat sahnya shalat memiliki keutamaan lain yakni dapat mengugurkan dosa-dosa seorang hamba. Rasulullah saw. bersabda “Barang siapa yang berwudhu, kemudian memperbagus wudhunya, maka dosa-dosanya akan bergurguran dari jasadnya sampai keluar dari kuku-kukunya”. (HR. Bukhori dan Muslim)

3. Shalat Lima Waktu

Shalat lima waktu merupakan kewajiban bagi setiap muslim, selain berupa kewajiban shalat juga merupakan amalan yang bisa mendatangkan ampunan Allah bagi seorang hamba. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah saw. bersabda.

“Tidaklah seorang muslim ketika waktunya shalat wajib, lalu ia membaguskan wudhunya, ia khusyu dalam shalatnya dan menyempurnakan rukuku, melainkan itu menjadi penghapus dosa-dosa sebelumnya selama tidak dilakukannya dosa besar, dan itu setiap semuanya”.

4. Bersabar

Bersabar baik saat sakit, sedih ataupun saat terkena musibah akan mendatangkan ampunan Allah swt. atas dosa-dosa hamba-Nya. Rasulullah saw. bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori sebagai berikut.

“Tidaklah menimpa seorang muslim rasa capek, sakit, cemas, sedih ataupun suatua gangguan maupun gunggah gulana sekalipun duri, kecuali Allah akan hapuskan dosa-dosanya dengan sebab itu”.

5. Shalat Jum’at

Shalat Jum’at merupakan kewajiban bagi seorang laki-laki yang beragama islam. Selain menunaikan kewajiban, melaksanakan shalat Jum’at juga akan mendatangkan ampunan dari Allah swt.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00