9 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Ramadhaberbagi.id, Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sejatinya dijadikan sebagai momen untuk mendekatkan diri kepada Allah serta berlomba-lomba dalam kebaikan.

Pada bulan ini, setiap muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Namun, selain ibadah puasa, ada juga beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan oleh seorang muslim selama bulan Ramadan.

Seperti diketahui bersama, mengerjakan amal shaleh atau ibadah pada bulan Ramadhan memungkinkan seseorang mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda.

Lebih dari itu, mengerjakan amal shaleh dan ibadah pada bulan Ramadhan juga dapat menjadi salah satu faktor meningkatnya keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah.

Berikut adalah 9 amalan sunnah di bulan Ramadhan yang dapat kamu rutinkan.

1. Tilawah Al-Quran

Amalan Sunnah di Bulan Ramadha
(Foto: Canva)

Tilawah Al-Quran merupakan amalan sunnah yang dapat dimaksimalkan pada bulan Ramadhan. Ramadhan sendiri merupakan bulan diturunkannya Al-Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Selain dapat mendatangkan pahala kebaikan yang berlipat ganda, membaca Al-Quran juga dapat menjadi sebab bertambahnya iman dan takwa serta mendatangkan ketentraman dalam hati seorang muslim.

2. Itikaf

Amalan Sunnah di Bulan Ramadha
(Foto: Canva)

Bulan Ramadhan kita pahami juga sebagai momen untuk berlomba-lomba dalam kebaikan serta meningkatkan amal ibadah. Salah satu ibadah sunnah yang dapat dilakukan seorang muslim pada bulan Ramadhan adalah berdiam diri di mesjid atau itikaf.

Itikaf lebih dianjurkan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Terdapat banyak pahala yang akan didapat seorang muslim yang mengerjakan amalan sunnah yang satu ini.

3. Makan Sahur

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan
(Foto: Canva)

Meskipun makan sahur bukan merupakan sesuatu yang diwajibkan ketika menjalani ibadah puasa. Namun sahur sangat dianjurkan untuk dikerjakan, karena terdapat keutamaan di dalamnya. Bahkan di dalam hadits Rasulullah SAW mengatakan bahwa sahur merupakan waktu yang mulia bagi umat muslim karena pada saat sahur, malaikat akan mendoakannya.

4. Bersedekah

Amalan Sunnah di Bulan Ramadha
(Foto: Canva)

Bulan Ramadhan juga identic dengan bulan berbagi, sehingga pada bulan ini umat islam dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam sedekah. Hal itu sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah yang disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa kedermawanan Rasulullah meningkat berkali-kali dibandingkan pada bulan lainnya.

5. Memanjatkan Doa

Amalan Sunnah di Bulan Ramadha
(Foto: Canva)

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang dianjurkan untuk memperbanyak doa. Allah SWT akan mengabulkan semua doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang yang berpuasa termasuk ke dalam tiga golongan orang yang doanya tidak tertolak. Dengan demikian, seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa selama ia berpuasa.

6. Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Amalan Sunnah di Bulan Ramadha
(Foto: Canva)

Saat berpuasa, kita dianjurkan untuk membeti makan orang yang tengah berpuasa juga pada saat waktu berbuka. Amalan ini akan mendatangkan kebaikan kepada kita. Tak hanya itu, tali silaturahmi juga akan tetap terjalain antara umat islam.

7. Shalat Malam

Amalan Sunnah di Bulan Ramadha
(Foto: Canva)

Shalat sunnah pada malam hari di bulan Ramadhan merupakan amalan yang sangat dianjurkan, salah satu shalat sunnah yang hanya ada di bulan Ramadhan ialah shalat sunnah tarawih. Seorang muslim dapat mengisi malam harinya dengan memaksimalkan shalat sunnah tarawih dan juga shalat sunnah lainnya seperti shalat witir dan tahajud.

8. Berbuka dengan Makanan Manis

Amalan Sunnah di Bulan Ramadha
(Foto: Canva)

Berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang manis merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasul. Berbuka dengan makanan manis juga berdampak baik bagi tubuh yang seharian penuh menahan lapar dan haus, dengan makanan yang manis maka akan memulihkan tenaga.

Selain berbuka dengan makanan yang manis, orang yang berpuasa juga dianjurkan untuk menyegerakan buka puasanya pada waktu Maghrib serta memperbanyak doa pada waktu tersebut.

9. Memperbanyak Istighfar

Amalan Sunnah di Bulan Ramadha
(Foto: Canva)

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan, pada bulan ini Allah meluaskan ampunan bagi seluruh hamba-Nya yang bertaubat. Dengan demikian, pada bulan ini umat islam dianjurkan untuk memperbanyak istighfar untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa yang telah berlalu.

Baca Juga: Tips Atasi Kantuk Setelah Makan Sahur

Demikianlah, 9 amalan sunnah di bulan Ramadhan yang akan mendatangkan limpahan pahala. Semoga dengan melaksanakan amalan tersebut dapat mendatangkan ampunan dan menjadikan Ramadhan yang kita lalui saat ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Leave a Reply