Lakukan Cara Ini untuk Jadikan Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik

Ramadhanberbagi.id, Agar Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan sangat dinantikan oleh umat islam, tidak sedikit umat islam yang berdoa setiap saat agar dapat dipertemukan dan mendapat keutamaan bulan Ramadhan serta menjadikan Ramadhan tahun ini agar lebih baik lagi.

Namun demikian, sebagian ada yang Allah sampaikan pada bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan, sebagian ada juga yang dijemput terlebih dahulu oleh ajal sebelum datangnya bulan Ramadhan.

Sungguh menjadi salah satu nikmat terbesar bagi seorang muslim yang disampaikan umurnya pada bulan Ramadhan, terdapat banyak kesempatan untuk memperbaiki diri, memaksimalkan ibadah, serta memohon ampunan pada-Nya pada bulan Ramadhan.

Saat Ramadhan tahun ini tiba, seorang muslim hendaknya berintrospeksi dan mengevaluasi diri pada Ramadhan sebelumnya agar Ramadhan tahun ini jauh lebih baik lagi.

Agar Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik
Ramadhan adalah bulan terbaik untuk menjadikan diri lebih baik. (Foto: Pexels/ahmed-aqtai)

Selanjutnya, ada beberapa langkah yang perlu diaplikasikan oleh seorang muslim agar Ramadhan tahun ini jauh lebih baik lagi dari Ramadhan tahun sebelumnya. Berikut adalah beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar Ramadhan tahun ini lebih baik lagi.

1. Luruskan niat

Niat merupakan kunci utama dari setiap ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim. Agar Ramadhan tahun ini jauh lebih baik, niatkan dalam diri mulai saat ini untuk melaksanakan ibadah pada bulan Ramadhan semaksimal mungkin.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa amal tergantung pada niatnya, dengan demikian pastikan niat kita menjalankan seluruh rangkaian ibadah pada bulan Ramadhan secara maksimal niatnya karena Allah semata.

Selanjutnya, jika kita telah menetapkan niat, baik ibadah puasa, shalat, tilawah, sedekah buka puasa, dan lain sebagainya, maka dengan izin Allah SWT orang tersebut akan mendapat keridhaan-Nya.

Lebih dari itu, jika diniatkan ibadah karena Allah, tindakan sederhana pun  seperti halnya merapikan tempat tidur, mencuci piring, dan lain sebagainya dapat menjadi ibadah.

2. Maksimalkan waktu sahur

Sebelum menjalankan ibadah puasa, seorang muslim dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu. Terdapat keberkahan pada saat makan sahur yang akan didapat oleh seorang muslim sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi berikut ini.

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain makan untuk persiapan puasa, pada waktu sahur juga umat islam dianjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah Ta’ala, hal itu karena waktu sahur merupakan waktu mustajabnya doa seorang muslim.

3. Perbanyak Sedekah

Bulan Ramadhan identik dengan bulan berbagi, disebutkan bahwa Rasulullah SAW sebagai sosok yang paling dermawan, kedermawanan beliau bertambah lagi disaat bulan Ramadhan dibandingkan pada bulan-bulan lainnya.

Dengan demikian, tingkatkan kedermawanan pada bulan Ramadhan baik dengan cara bersedekah, membantu orang lain, ataupun memberikan apapun yang memiliki nilai manfaat pada orang lain.  Hal itu menjadi salah satu bentuk aplikasi dalam iman kita yakni ketika kita memberi, Allah akan mengembalikannya pada kita dalam jumlah yang lebih banyak.

4. Tilawah Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Quran, pada bulan ini umat islam dianjurkan untuk memperbanyak tilawah Al-Quran.

Namun demikian, sebagian orang ada yang mampu mengkhatamkan Al-Quran lebih dari satu kali pada bulan Ramadhan, sebagian lagi ada yang perlu berjuang lebih agar mampu istiqamah dalam membaca Al-Quran selama  bulan Ramadhan.

Agar tetap istiqamah dan mampu memperbanyak tilawah, mulai dari langkah yang kecil dan sederhanakan target tilawah pada bulan Ramadhan terlebih dahulu.

5. Manfaatkan waktu berbuka puasa

Berbuka puasa merupakan momen yang ditunggu oleh orang yang menjalankan ibadah puasa, selain untuk mencicipi menu takjil yang tersedia, manfaatkan waktu berbuka puasa untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT, sebab disebutkan bahwa salah satu orang yang doanya diijabah ialah orang yang berbuka puasa.

Saat berbuka puasa, hindari makan besar secara langsung untuk kesehatan lambung dan pencernaan, tundalah sekitar 15-20 menit untuk kemudian mengonsumsi makanan berat. Saat menunda konsumsi makanan berat, sebaiknya kamu untuk segera melaksanakan shalat Magrib di awal waktu agar puasamu lebih berkah.

6. Perbanyak Amalan Sunnah

Pada bulan Ramadhan, setiap ibadah yang dikerjakan oleh seorang muslim akan diberi ganjaran berkali lipat. Selain melaksanakan ibadah wajib seperti shalat, zakat, ataupun puasa, umat islam dianjurkan juga untuk memperbanyak ibadah sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Mulai dari memperbanyak dzikir, shalawat, doa, itikaf, sedekah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tips Agar Tetap Produktif Selama Bulan Ramadhan

Seperti kita ketahui, bahwa pada bulan Ramadhan ini setiap amal kebaikan Allah lipatgandakan pahalanya ratusan kali lipat. Dengan demikian, perbanyaklah ibadah sunnah sebagai pelengkap ibadah wajib pada bulan Ramadhan.

Sahabat, demikianlah beberapa cara agar mampu menjadikan Ramadhan tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Leave a Reply