Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Amalan Do’a Mustajab Di 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

amalan doa di sepuluh hari pertama bulan ramadhan

Dibulan ramadhan ini semua muslim memiliki kesempatan untuk meningkatkan amal shalehnya baik itu sedekah, tilawah, shalat maupun amalan-amalan lainnya yang insyaallah pahala kebaikannya akan dilipatgandakan oleh Allah swt. Selain memperbanyak amalan, seorang muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak do’a di bulan yang berkah ini.

Bulan ramadhan ini merupakan moment bagi setiap muslim untuk mengetuk pintu langit dengan memperbanyak do’a. Terlebih ditengah mewabahnya pandemi COVID 19 ini, Do’a adalah senjata terakhir yang dimiliki oleh seorang muslim setelah melakukan banyak ikhtiar salah satunya dengan mengalihkan seluruh aktivitas ke rumah.

Do’a adalah sebuah bentuk penghambaan kita kepada Allah swt. Dimana kita hanya beribadah dan meminta pertolangan kepada-Nya.Dengan do’a yang mustahil akan berubah menjadi mustajab, yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang jauh akan menjadi dekat, sebab do’a melebihi logika dan rasionalitas manusia.

Dibulan yang suci dan berkah ini, sudah selayaknya seorang muslim mendata ulang do’a dan harapannya, menceklisnya satu persatu dan merapihkan do’a-do’anya. Sebab bisa jadi masalah-masalah yang berantakan dalam kehidupan kita, Allah rapihkan dan selesaikan ketika kita merapihkan setiap do’a kita.

Dibulan ramadhan ini ada salah satu waktu untuk berdo’a dan insyaallah do’anya mustajab yaitu ketika berbuka puasa. Hal itu berdasarkan sabda nabi saw. Sebagai berkut.

tiga golongan orang yang do'anya mustajab

Dalam penggalan hadits diatas salah satu do’a yang akan dikabulkan adalah do’a orang yang berpuasa. Nah, jadi ketika kita berbuka puasa alangkah baiknya jangan terburu-buru untuk makan besar sampai perut kita kenyang, melainkan kita cukup membatalkan puasa kita terlebih dahulu lalu kemudian memanjatkan do’a dan shalat magrib terlebih dahulu. Lalu setelah itu kita makan secukupnya.

Do’a disepuluh hari pertama bulan ramadhan

Puasa dibulan ramadhan terbagi kedalam tiga fase, dimana masing-masing fase memiliki keutamaan, difase pertama ada limpahan rahmat dari Allah swt, fase kedua adanya ampunan dari Allah swt. dan di fase ketiga adanya pembebasan dari api neraka. Sekarang kita berada pada pase pertama yaitu sepuluh hari pertama.

Di sepuluh hari pertama ini, Allah memberikan rahmat dan limpahan pahala dari setiap amalan yang kita kerjakan selama berpuasa. Meski difase pertama ini tubuh kita sedang beradaptasi dengan bulan ramadhan, jangan sampai kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keutamaan sepuluh hari pertama ini dengan melakukan banyak amalan seperti sedekah, tilawah, shalat sunnah dan amalan-amalan lainnya yang dapat dikerjakan.

Adapun sepuluh amalan do’a yang bisa diamalkan disepuluh harti pertama adalah sebagai berikut.

Do’a hari pertama

do'a hari pertama dibulan ramadhan

Do’a hari kedua

Do’a hari ketiga

Do’a hari keempat

Do’a hari kelima

Do’a hari keenam

Do’a hari ketujuh

Do’a hari kedelapan

Do’a hari kesembilan

Do’a hari kesepuluh

Diatas adalah do’a yang bisa kita bacakan atau amalkan disepuluh hari pertama, adapun selain do’a-do’a tersebut kita dapat menambahkan do’a-do’a lainnya sesuai dengan keadaan dan keinginan kita. Buatlah daftar do’a atau harapan yang ingin diraih dalam kehidupan kita. Dan tetaplah perhatikan adab-adab dalam berdo’a sehingga do’a kita dikabulkan oleh Allah swt.

Jangan takut do’a do’a kita tidak dikabulkan, melainkan takutlah ketika kita tidak diberi hidayah dan kesempatan untuk berdo’a kepada Allah swt. Sebab itu marilah kita amalkan do’a-do’a disepuluh hari pertama dan memperbanyak do’a kepada Allah. Semoga kita semua selalu diberikan petunjuk dan kesempatan untuk selalu berdo’a dan meminta pertolongan kepada-Nya. Dan juga semoga dibulan ramadhan ini semua do’a-do’a kita diijabah oleh Allah swt.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00