Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Bagaimana Agar Do’a Kita Dibulan Ramadhan Dikabulkan?

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

cara agar do'a dikabulkan

Setiap manusia pasti memiliki banyak keinginan, Namun terkadang kita merasa sulit dalam mewujudkan keinginan-keinginan tersebut. Sejatinya segala yang kita miliki hanyalah pemberian dari Allah swt. Sekeras apapun usaha yang kita lakukan untuk mewujudkan setiap keinginan kita, jika Allah tidak menghendakinya maka semua keinginan tersebut tidak akan pernah terwujud.

Kita hanyalah makhluk yang lemah dan tidak memiliki kekuatan apapaun jika Allah tidak memberikannya. Sebab itu, dalam setiap detik kehidupan yang kita lalui sudah selayaknya kita hanya meminta pertolongan kepada Allah Swt.

Adapun salah satu cara meminta pertolongan kepada Allah swt. untuk mewujudkan setiap keinginan dan harapan kita adalah dengan cara berdo’a. namun setelah memperbanyak do’a ada satu lagi yang harus kita kerjakan dalam mewujudkan setiap keinginan kita yaitu dengan menyempurnakan ikhtiar kita.

Do’a dan ikhtiar adalah dua hal yang harus seimbang, sebab do’a tanpa usaha atau ikhtiar akan menghasilkan sesuatu hal yang sia-sia, sedangkan iktiar tanpa do’a merupakan bentuk kesombongan kita kepada Allah swt. Naudzubillah. Dan perlu diketahui juga bahwasanya berdo’a merupakan salah satu perintah Allah swt. dan Allah juga berjanji akan mengabulkan setiap do’a yang dipanjatkan oleh hambanya.

Dalam berdo’a ada waktu-waktu yang mustajab untuk dikabulkannya do’a, dan kita dianjurkan untuk berdo’a pada waktu-waktu tersebut. Adapun diantara waktu mustajab untuk berdo’a adalah sebagai berikut : serpertiga malam terakhir (waktu sahur), ketika shalat, ketika sujud, setelah shalat, ketika berperang, turunnya hujan dan ketika melihat Ka’bah.

Selain ada waktu mustajab untuk berdo’a ada juga sekeolopok orang yang do’anya sangat mustahil untuk ditolak yaitu Doa orang yang sedang puasa (baik sunah atau wajib), Pemimpin yang adil, Doa orang yang dizalimi, Doa musafir, Doa orang tua kepada anaknya, Mujahid fi sabilillah, Orang yang sedang umrah,Orang yang sedang menunaikan haji.

Setiap do’a seorang hamba pasti akan Allah kabulkan asal memenuhi semua syarat terkabulnya do’a. Adapun salah satu cara agar do’a kita dikabulkan adalah dengan cara memperhatikan syarat terkabulnya do’a dan adab-adab berdo’a. Artinya ketika kita memanjatkan do’a harus dengan cara yang sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul agar do’-do’a kita didengar dan dikabulkan.

Adab-Adab Dalam Berdo’a

  1. Memuji Allah swt. dengan menyebut nama-nama-Nya serta membacakan Shalawat kepada nabi saw.
  2. Husnuzhzhan (berbaik sangka) kepada Allah.
  3. Mengakui dosa-dosa yang diperbuat. Perbuatan tersebut mencerminkan sempurnanya penghambaan terhadap Allah.
  4. Bersungguh-sungguh dalam berdo’a.
  5. Mendesak terus-menerus dalam berdo’a.
  6. Berdo’a dengan mengulangi-ulanginya.
  7. Berdo’a dengan Lafadz yang singkat akan tetapi memiliki makna yang luas.
  8. Jika ingin mendoakan orang lain, hendaknya mendo’akan diri sendiri terlebih dahulu.
  9. Memilih berdo’a di waktu yang mustajab (waktu yang pasti dikabulkan).

Diatas merupakan adab-adab berdo’a yang muingkin bisa coba kita amalkan agar setiap do’a yang kita langitkan diijabah oleh Allah swt. semoga kita semua bisa mengamalkannya. Adapun ketika do’a kita tidak dikabulkan janganlah bersedih dan berkecil hati, sebab ada do’a yang dikabulkan didunia dan ada juga do’a yang dikabulkannya diakhirat kelak.

Sebagai seorang hamba yang beriman kepada Allah swt. sudah selayaknya menyandarkan segala urusan kepada Allah swt. termasuk tentang semua keinginan dan hajat dalam hidup kita. Berdo’a merupkan perintah Allah swt, sehingga orang yang berdo’a insyaallah akan mendapatkan pahala. Untuk itu dibulan ramadhan yang penuh berkah ini, marilah kita memperbanyak waktu dan kesempatan untuk melangitkan do’a.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00