Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Cahaya dan Harum Ramadhan Semakin Terasa, Sudah Siapkah Kita?

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Persiapan Menjelang Ramadhan

Persiapan Menjelang Ramadhan – Cahaya dan harum Ramadhan makan hari kian terasa, tidak lama lagi bulan yang ditunggu oleh hampir seluruh umat islam di dunia akan segera tiba. Perlu kita ketahui bahwa salah satu nikmat yang paling banyak disyukuri bahkan oleh orang yang lalai sekalipun adalah nikmat ditundanya ajal dan nikmat disampaikannya umur ke bulan Ramadhan.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan, tentunya jika kita menyadari betapa tingginya tumpukan dosa yang menggunung maka pastilah kita berharap untuk menjumpai ramadhan dan meraih limpahan pahala yang ada didalamnya.

Persiapan Menjelang Ramadhan
Berpuasa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh

Sahabat, menjelang ramadhan ini marilah kita perbanyak syukur atas limpahan nikmat yang diberikan oleh-Nya. Salah satu nikmat yang mungkin jarang disadari oleh kita adalah nikmat ditutupnya aib dan keburukan kita selama satu tahun belakang serta ditundanya ajal hingga bisa menghirup harumnya Ramadhan tahun ini. Tentunya kita semua berdo’a agar bisa disampaikan kebulan yang suci tersebut.

Tidak sedikit orang yang merindukan Ramadhan dan ingin merasakan nikmatnya beribadah dan meraih berkah dibulan yang mulia ini. Akan tetapi, takdir berupa ajal lebih dulu datang pada mereka dibanding bulan yang dirindukannya. Dengan demikian, dengan nikmat umur yang diberikan kepada kita sampai saat ini marilah kita persiapkan diri sebaik mungkin agar meraih keberkahan dan keutamaan bulan tersebut.

Menyiapkan Diri Menjelang Ramadhan

Sahabat, dalam menyambut bulan Ramadhan ini, ada beberapa hal yang perlu dimengerti dan dipersiapkan oleh diri kita. Setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh kita sebagai persiapan menjelang bulan Ramadhan.

1. Memperbanyak Taubat Kepada Allah

Ramadhan merupakan bulan yang suci, dengan demikian sebelum bulan tersebut tiba kita dianjurkan untuk memperbanyak taubat kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Kenapa kita dianjurkan untuk bertaubat sebelum Ramadhan?

Persiapan Menjelang Ramadhan

Sebab, bagi siapapun yang membawa dosa ke bulan Ramadhan, maka dosa itu yang masih berada dalam hatinya akan menjadikan ia tidak bisa menikmati Ramadhan dengan istiqamah. Dengan demikian, sebelum Ramadhan tiba marilah kita mempersiapkan diri kita dengan bermuhasabah dan beristighfar untuk memohon ampunan atas segala dosa-dosa kita.

Sehingga dengan hati yang bersih dari kotoran dosa, kita semua dapat merasakan nikmatnya menjalankan amalan-amalan dengan istiqamah dibulan yang berkah dan penuh ampunan. Selain itu, dengan keistiqamahan kita dalam mengerjakan amalan-amalan dibulan Ramadhan dapat menghindarkan kerugian yang disebabkan oleh membiarkan ramadhan pergi begitu saja.

2. Memperbanyak do’a agar disampaikan kebulan Ramadhan

Kita semua tidak pernah mengetahui kapan takdir berupa ajal akan datang menjemput. Dengan demikian, menjelang bulan Ramadhan ini kita dianjurkan untuk memperbanyak waktu untuk memanjatkan do’a agar disampaikan ke bulan Ramadhan.

Sebab, berdo’a dengan sungguh-sungguh agar disampaikan ke bulan Ramadhan akan menjadi bukti betapa kita merindukan bulan Ramadhan serta telah berniat untuk beribadah pada bulan tersebut.

Persiapan Menjelang Ramadhan

Begitupun ketika takdir ajal datang lebih awal dari bulan Ramadhan yang dirindukan. Insyaallah Allah akan menyempurnakan pahala Ramadhan pada diri kita.

Dari Ibnu Abbas RA dari Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam berdasarkan apa yang beliau riwayatkan dari Rabbnya tabāraka wa ta’āla bersabda:

“Barangsiapa memiliki keinginan melakukan kebaikan akan tetapi tidak dia lakukan (karena udzur) maka Allah menulis di sisiNya kebaikan penuh. Dan jika dia memiliki keinginnan melaukan kebaikan, lantas benar-benar dia lakukan, Allah tulis di sisiNya sepuluh kali kebaikan, hingga 700 kali kebaikan hingga berlipat sangat banyak. Dan jika dia memiliki keinginan melakukan keburukan, namun tidak jadi dilakukannya, maka Allah tuliskan di sisiNya satu kebaikan. Dan jika dia memiliki keinginan buruk, kemudian benar-benar dilakukannya, Allah hanya akan menulis di sisiNya satu keburukan”. (HR Muslim : 131)

3. Memperbanyak ilmu tentang ibadah di bulan Ramadhan

Sahabat, seseorang yang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan ilmu akan berbeda dengan orang yang menjalankan ibadah tanpa ilmu. Tentunya orang yang memiliki ilmu yang cukup akan memiliki kualitas ibadah yang baik.

Dengan demikian, sebelum Ramadhan tiba alangkah baiknya kita mempersiapkan diri dengan memperbanyak ilmu tentang ibadah dibulan Ramadhan. Luangkan waktu kita untuk me-review materi-materi tentang fiqih dan ibadah di bulan Ramadhan.

Sehingga dengan ilmu yang cukup, kita semua bisa menjalankan ibadah dibulan Ramadhan dengan istiqamah, khusyu’ dan sesuai dengan apa yang apa yang ada dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00