Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Diampuni Dosa, Salah Satu Pahala Berpuasa Dibulan Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

pahala puasa dibulan ramadhan

Ibadah puasa dibulan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim yang baligh dan berakal. Adapun puasa merupakan salah satu dari rukun islam, artinya puasa adalah salah satu  hal yang sangat penting bagi keislaman seseorang. Salah satu keutamaan yang paling utama dari ibadah puasa dibulan Ramadhan adalah diampuni dosa dari sejak baligh sampai hari ini ketika kita berpuasa, sebagaimana sabda nabi saw. sebagai berikut.

hadits keutamaan berpuasa dibulan ramadhan

Berdasarkan sabda nabi saw. diatas, bahwasannya orang yang berpuasa harus memenuhi dua kriteria agar diterima oleh Allah swt dan diampuni seluruh dosanya. Adapun kriteria tersebut adalah menjalankan ibadah puasa dengan penuh keimanan dan ketulusan. Keimanan dan ketulusan adalah syarat kunci untuk mendapatkan keutamaan yang begitu besar dari berpuasa yaitu diampuni seluruh dosa dari sejak baligh.

Berpuasa dengan penuh keimanan

Salah satu syarat diterimanya semua amal ibadah termasuk puasa adalah dengan adanya iman dalam diri kita. Berdasarkan pengertian yang ada bahwasannya iman adalah membenarkan dengan hati, mengikrarkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan anggota badan. Adapun iman ini bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kema’siatan.

Seringnya iman ini berdampingan dengan amal shaleh, sebab hati yang diisi dengan keimanan akan mengeluarkan perkataan yang baik, dan hingga akhirnya perkataan itu dibuktikan dengan perbuatan atau amal yang baik. Jadi, salah satu bentuk dari keimanan kita terhadap Allah swt. adalah dengan melakukan banyak amal shaleh.

Dalam menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan, sebagai tanda dari keimanan kita adalah dengan memperbanyak amal shaleh kita, sehingga hal tersebut menjadi sebab diampuninya seluruh dosa kita dari mulai kita baligh sampai hari ini kita berpuasa.

Dibulan yang penuh berkah ini, semua pintu amal shaleh dibuka saat kita berpuasa. Selain itu dibulan ini juga semua amal shaleh Allah lipat gandakan pahala kebaikannya. Nah dengan demikian, jika sebelum bulan Ramadhan kita hanya melaksanakan shalat fardhu saja, maka dibulan suci ini kita menambahkannya dengan shalat-shalat sunnah baik qabliah dan ba’diah maupun shalat sunnah lainnya seperti Shalat dhuha, Tahajud, Witir dan tentunya shalat tarawih yang hanya ada dibulan Ramadhan.

Begitupun dengan tilawah dan amalan-amalan lainnya, kita harus senantiasa meningkatkannya, jika dihari biasa kita hanya mampu bertilawah satu halaman selama dibulan Ramadhan ini kita bisa meningkatkannya sampai satu juz per harinya. Dibulan Ramadhan ini, hati kita pasti selalu menginginkan untuk terus melakukan amal shaleh, maka mari kita manfaatkan bulan ini sebagai lading untuk memperbanyak amal shaleh kita.

Logikanya, Setiap amal shaleh yang kita kerjakan akan menghapuskan segala keburukan atau dosa yang kita perbuat sebelumnya. Semakin banyak amal shaleh yang kita kerjakan Ketika berpuasa dibulan yang penuh berkah ini, maka akan semakin besar kemungkinan akan diampuni atau dihapuskannya dosa-dosa kita.

Berpuasa dengan penuh ketulusan

Didalam menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan ini kita akan diuji apakah kita menjalankan ibadah ini hanya sekedar ikut-ikutan atau bukan? Dengan ini ketulusan adalah hal paling harus diperhatikan dalam menjalankan setiap ibadah terutama ibadah puasa yang akan kita jalani selama satu bulan kedepan.

Pastikan kita menjalaninya dengan tulus dan ikhlas tanpa ada satupun hal-hal lain yang mendasari kita untuk beribadah puasa kecuali hanya untuk beribadah semata-mata hanya mencari ridha dari Allah swt. sebab salah satu syarat diterima ibadah adalah dengan adanya ketulusan dalam diri kita baik niat maupun tujuannya.

Cukup dengan dua hal diatas yakni menjalankan ibadah puasa dengan penuh keimanan yang dibuktikan dengan melakukan banyak amal shaleh dan menjalankan ibadah puasa dengan penuh ketulusan insyaallah bisa menghapuskan seluruh dosa kita dari awal baligh sampai hari ini.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00