Doa Berbuka Puasa Ramadhan, Arab, Latin, dan Terjemahannya

Doa Berbuka Puasa Ramadhan – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat islam dengan berbagai keutamaannya. Pada bulan Ramadhan sendiri, umat islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Saat menjalankan ibadah puasa, momen yang paling banyak ditunggu ialah momen berbuka puasa. Selain merupakan momen yang tepat untuk berkumpul dan berbuka bersama keluarga, momen berbuka puasa juga menjadi momen dikabulkannya doa, dengean demikian seorang muslim perlu mengetahui doa berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Doa berbuka puasa Ramadhan dapat dibaca oleh seorang muslim saat berbuka puasa. Terdapat dua bacaan doa berbuka puasa dengan redaksi doa yang berbeda. Perbedaan ini terjadi karena perbedaan pendapat ulama atau derajat haditsnya.

Meski demikian, bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk memperbanyak waktu dalam melangitkan doa, salah satunya doa saat berbuka puasa. Setiap muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa sebanyak-banyaknya.

Berikut adalah dua doa berbuka puasa yang dapat dipraktikan oleh seorang muslim saat berbuka puasa.

Doa berbuka puasa yang masyhur di tengah masyarakat Indonesia

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa ’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin”

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa berbuka puasa dari hadits Ibnu Umar RA

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

“Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah.”

Artinya: “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

Memperbanyak Doa di Bulan Ramadhan

Salah satu keutamaan di bulan Ramadhan ialah terdapat janji Allah yakni terkabulnya doa orang yang berbuka puasa. Hal ini menjadi momen bagi setiap muslim untuk sebanyak-banyaknya meminta kebaikan kepada Allah dengan doa yang dipanjatkannya.

Pada bulan Ramadhan, setiap muslim yang berdoa maka doanya sudah pasti akan dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap Muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar)

Doa orang yang berpuasa juga disebutkan sejajar derajatnya dengan doa yang dipanjatkan oleh pemimpin adil hinga orang yang terdzolimi. Doa mereka merupakan permintaan kepada Allah yang tidak akan ditolak. Nabi Muhammad SAW bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi).

Demikianlah keutamaan bulan Ramadhan yang menjadi bulan penempaan bagi seorang muslim agar menjadi lebih baik. Terdapat limpahan pahala yang berlipat ganda, pengampunan dosa, hingga diijabahnya setiap doa yang dipanjatkan.

Ramadhan Berbagi Bersama

Bulan Ramadhan juga dikenal dengan sebagai bulan berbagi, bulan sedekah, dan bulan Zakat, yang mana pada bulan ini pahala sedekah atau  berbagi dilipatgandakan pahalanya. Pada bulan ini juga umat islam diwajibkan menunaikan zakat fitrah atas dirinya.

Dengan demikian, mari jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan atau momen untuk berbagi kebaikan dengan sesama, baik berbagi berupa materi atau harta maupun ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi sesama.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur melalui program “Ramadhan Berbagi” mengajak sahabat semua untuk menjadi bagian dari gelombang kebaikan di bulan Ramadhan dengan berbagi terhadap sesama.

Yuk berbagi bersama kebaikan di bulan Ramadhan dengan mengakses tautan ini https://indonesiaberbagi.id/donasi/donasi-ramadhan/.

Leave a Reply