Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Do’a Menyambut Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Do'a Menyambut Ramadhan

Do’a Menyambut Ramadhan – Ramadhan akan segera tiba, sebagai seorang muslim tentunya kita harus menyambutnya dengan riang gembira. Selain menyambutnya dengan memperbaiki diri dan meningkatkan berbagai amalan, Rasulullah SAW mengajarkan satu do’a yang sudah sangat mahsyur ditelinga kita.

Menyambut Ramadhan dengan memanjatkan do’a merupakan sebuah upaya untuk tarhib (melapangkan) hati kita. Hal ini penting untuk dilakukan, sebab dengan hati yang lapang akan banyak amalan yang bisa dilakukan ketika bulan Ramadhan.

Hati yang lapang dan luas tidak akan cepat puas ketika melakukan banyak ibadah tanpa henti dibulan dilipatgandakannya pahala ibadah oleh Allah. Sebaliknya, jika ketika menjelang Ramadhan hati seseorang masih sempit, amalan yang dikerjakan akan sedikit karena wadahnya tidak cukup dan sangat mudah penuh. Hati yang sempit tersebut tidak akan mampu menampung optimalnya amalan shiyam dan qiyam Ramadhan.

Hati yang sempit juga akan memudahkan seseorang untuk merasa bosan, lelah dan bahkan jenuh ketika menjalankan berbagai rangkaian ibadah di sepanjang Ramadhan. Dengan demikian, memanjatkan do’a untuk menyambut bulan Ramadhan merupakan salah satu ikhtiar kita untuk melapangkan hati kita menjelang Ramadhan.

Adapun do’a yang dimaksud ialah sebagai berikut.

Do'a Menyambut Ramadhan

Allahu Akbar, Allahumma Ahillahu ‘alainaa bil amni wal iiman wassalaamati wal Islaam, wattaufiiqi lima tuhibbu watardho, robbunaa warobbukallah.

Ya Allah, mohon hadirkan awal Ramadhan untuk kami dengan penuh keamanan dan penuh keimanan, dan dengan penuh keselamatan dan dalam keislaman, dengan taufik agar kami melakukan yang Engkau sukai dan Engkau ridhai, Tuhan kami dan Tuhan kamu wahai bulan adalah Allah.” (HR Ahmad dan ad-Darimi).

Jika kita maknai lebih dalam lagi, setidaknya ada lima hal yang kita pinat ketika memanjatkan do’a diatas. Pertama, Bil amni. Kita meminta kepada Allah Ta’ala agar Ramadhan mendatang akan membawa keamanan bagi kita semua, Terlebih ditengah kondisi pandemic yang belum berakhir, do’a ini terasa sangat kita perlukan.
Tentunya kita sangat berharap kepada Allah Ta’ala agar tatkala Ramadhan tibam virus yang mudah menular dan mematikan tersebut sudah hilang sehingga kita mampu menjalani ibadah puasa dengan aman dan nyaman tanpa ada rasa takut sedikitpun.

Kedua, Wal iman. Ramadhan datang dengan membawa semangat keimanan. Dimana sebelum menyerukan kewajiban puasa, Allah Ta’ala memanggil umatnya dengan panggilan “Hai Orang-orang beriman”.

Meskipun berada dimasa pandemi yang tak kunjung berhenti, semangat menjalankan berbagai rangkaian ibadah di bulan Ramadhan yang dilandasi keimanan harus tetap terpatri didalam diri. Disamping tunduk dan patuh terhadap seluruh protocol Kesehatan yang berlaku, jangan sampai ada satupun ibadah yang terlewatkan begitu saja.

Ketiga, was salamah. Ditengah pandemi ini, tentunya kita berharap saat Ramadhan dating, kita diberikan keselamatan dan disehatkan jiwa dan raga kita. Sebab, betapa ruginya kita ketika bulan Ramadhan hadir, kita malah sakit sehingga tidak mampu maksimal dalam meraih puncak kemuliaan bulan yang berkah ini.

Disamping berharap agar diberi keselamatan dan Kesehatan, pastikan juga kita selalu berikhtiar untuk tetap menjaga imun tubuh agar tetap kuat sampai Ramadhan tiba. Mulai dari makan dan istirat teratur serta meningkatkan perilaku hidup sehat.

Keempat, wal Islam. Pada bacaan do’a sebelumnya kita telah meminta agar Ramadhan kita dapat dijalani dengan penuh keimanan. Artinya kita telah berniat dan memastikan bahwa ibadah di  bulan Ramadhan yang akan kita jalankan semata-mata hanya karena Allah Ta’ala.

Selanjutnya pada kalimat wal Islam kita meminta agar bulan Ramadhan ini kita bisa menjalani dan mengisinya penuh keislaman. Dimana hal tersebut dibuktikan dengan ragam dan jenis ibadah yang dilakukan selama Ramadhan.

Sehingga dengan iman dan islam yang ada dalam hati kita, kita tidak akan pernah merasa puas untuk melakukan ibadah puasa siang hari saja, melainkan akan menambahnya dengan shalat sunnah tarawih, dhuha, dan tahajud, tilawah Al-Qur’an, sedekah dan lain sebagainya.

Kelima, rabbunaa warabbukallah. Semua ibadah yang dijalani dibulan Ramadhan harus dilandasi dengan keikhlasan semata-mata karena Allah Ta’ala. Artinya keempat do’a yang kita pinta kepada Allah SWT di atas tidak akan bermakna dan akan menjadi sia-sia jika tidak dilengkapi dengan doa yang kelima ini.

Baca Juga : Persiapan Menyambut Ramadhan

Akhirnya, semoga doa ini diijabah Allah SWT dan disampaikan usia sampai bulan yang sangat kita rindukan. Sehingga kita semua mampu menjalankan ibadah Ramadhan dengan aman, nyaman dan damai. Aamiin

Marhaban ya Ramadhan 1442 H.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00