Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Hikmah Puasa : Mendekatkan Diri Kepada Allah

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Hikmah Puasa

Hikmah Puasa – Sahabat, manusia merupakan makhluk paling mulai dimuka bumi ini, derajatnya lebih tinggi dibandingkan dengan hewan. Hal itu dikarenakan manusia memiliki akal yang mampu membedakan antara yang yang salah dan benar.

Hikmah Puasa

Selanjutnya manusia juga derajatnya berada dibawah para malaikat, hal tersebut dikarenakan manusia memiliki hawa nafsu. Dengan demikian, manusia harus berhati-hati dalam hidupnya, ia harus menggunakan akalnya agar bisa mengendalikan hawa nafsunya.

Lalu kenapa manusia, khususnya orang-orang mukmin diwajibkan oleh Allah untuk berpuasa? Hal itu dikarenakan puasa menjadi salah satu amalan yang dapat memerangi hawa nafsu. Sebab, ketika manusia tak bisa mengendalikan hawa nafsunya, maka derajatnya bisa sama seperti halnya hewan, bahkan bisa dibawahnya.

Kemudian, ketika seseorang mampu mengendalikan atau menaklukan hawa nafsunya, makai a akan naik derajatnya seperti para malaikat. Dimana malaikat ini merupakan makhluk yang sangat dekat dengan Allah. Jadi, ketika seorang hamba naik derajatnya seperti halnya para malaikat, maka ia sesungguhnya berada dalam kedekatan dengan Allah. Demikianlah, salah satu rahasia dari diwajibkannya seorang mukmin untuk berpuasa.

Selain itu, ketika Allah memerintahkan kita berpuasa, pada intinya Allah menginginkan kita agar selalu dekat dengan-Nya. Akan tetapi, terkadang hawa nafsu menghalangi kita untuk senantiasa dekat dengan-Nya.

Adapun hawa nafsu, jika tidak bisa kita kendalikan atau taklukan, makai a akan menjadi penghalang bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan demikian, kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi merupakan momen bagi kita untuk dapat memerangi hawa nafsu sehingga kita bisa naik derajat sejajar bersama para malaikat yang senantiasa dekat dengan-Nya.

Hikmah Puasa

Kewajiban berpuasa juga sama halnya dengan kewajiban-kewajiban lainnya yakni merupakan panggilan atau seruan untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Misalnya shalat, shalat merupakan sebuah bukti kerinduan Allah pada hamba-Nya untuk senantiasa menghadapnya setiap hari yakni dalam lima waktu shalat.

Begitupun dengan panggilan haji, Allah memanggil hamba-Nya untuk datang ke baitullah guna menunaikan ibadah haji. Dan ketika kita semua datang untuk beribadah haji kita menyambutnya dengan kalimat Labbaik Allahumma Labbaik.

Sahabat, dari sekian banyak ibadah yang diwajibkan atau dianjurkan pada kita, semua ibadah tersebut merupakan wujud kecintaan Allah pada kita agar selalu dekat dengan-Nya. Di dalam setiap ibadah tersembunyi cinta-Nya Allah pada kita, tanpa terkecuali dalam ibadah puasa. Puasa merupakan salah satu ibadah yang dapat menjadikan kita lebih dekat dengan-Nya.

Allah SWT telah memberikan segalanya kepada kita, alam semesta dan seisinya diciptakan untuk manusia, dimana manusia diberi tugas untuk menjaga, merawat serta memanfaatkannya sebaik mungkin.Kemudian dengan itu, manusia diberi gelar sebagai khalifah (pemimpin) dimuka bumi ini.

Sahabat, Allah SWT senantiasa mencintai hamba-hamba-Nya, sehingga Allah memberikan jalan untuk hamba-Nya agar bisa mendekatkan diri dengan perintah ibadah, mulai dari Shalat, Haji, Zakat, serta kewajiban berpuasa dibulan Ramadhan selama satu bulan penuh.

Akan tetapi, diantara kita mungkin tidak menyadari bahwa setiap perintah ibadah merupakan wujud kecintaan Allah kepada kita. Hingga pada akhirnya kita lalai dan tidak sungguh-sungguh dalam mengerjakan ibadah yang telah diperintahkan oleh-Nya. Dan dengan kelalaian tersebut kita kehilangan esensi dari ibadah yakni untuk memerangi hawa nafsu dan mendekatkan diri kepada Allah.

Misalnya dalam berpuasa, seringnya kita berpuasa seperti halnya puasa orang awam, sehingga kita tidak bisa meraih esensi dari puasa tersebut yakni untuk menaklukan hawa nafsu. Adapun ketika kita mampu mengoptimalkan  ibadah kita, maka esensi dari ibadah tersebut akan kita raih yakni kedekatan dengan Allah dan pahala yang berlipat ganda.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, mari kita tingkatkan kualitas puasa kita menjadi lebih baik lagi. Jangan sampai puasa kita hanyalah menahan haus dan lapar tanpa mendapatkan esensi dari puasa itu sendiri yakni mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan gelar takwa.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00