Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Ibadah Puasa Membawa Dua Kebahagiaan, Apa Saja?

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

kebahgiaan orang yang berpuasa

Ibadah puasa merupakan ibadah yang hampir menggunakan segenap kemampuan yang ada dalam diri kita, baik secara lahiriah maupun bathiniah. Ibadah puasa memberikan banyak hikmah dalam kehidupan kita, dari mulai hikmah merasakan lapar yang merupakan salah satu cara agar kita menjadi orang yang senantiasa bersyukur dan berbagi sampai hikmah kesabaran menahan lapar, haus serta hawa nafsu yang akan menjadikan orang yang senantiasa bersabar.

Menahan lapar,haus serta syahwat dari selama satu hari penuh bukanlah merupakan hal yang mudah, tidak sedikit orang yang tidak bisa menahannya sebab dalam puasa terdapat banyak tantangan yang harus dilewatinya sehingga ia mampu benar-benar menahan semuanya sampai waktu berbuka tiba.

Ibadah puasa dibulan ramadhan merupakan ibadah yang paling istimewa, sebab didalamnya terdapat pahala yang berlipat ganda dan tanpa batas. Orang yang menjalankan ibadah puasa ialah orang yang akan mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya. Hal itu sesuai dengan sabda nabi saw, sebagai berikut.

Dalam riwayat tersebut dikatakan bahwasannya dua kebahagiaan yang didapatkan oleh orang yang berpuasa adalah kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Allah swt.

Kebahagiaan Saat Berbuka Puasa

orang yang berbuka puasa semuanya cenderung bahagaia. Adapun bahagia disini ada yang mengatakan bahagia secara fisik saja dan bahagia secara hakikat. Bahagia secara fisik disini ialah bahagia yang dirasakan ketika seseorang telah menahan lapar dan haus salama seharian penuh dan kemudian dengan datangnya waktu berbuka ia bisa makan dan mengganti semua energinya yang telah terkuras selama seharian.

menu buka puasa
menu buka puasa

Adapun bahagia selanjutnya ialah bahagia yang hakiki dimana seseorang merasakan bahagia dengan datangnya waktu berbuka puasa karena didalam waktu buka puasa terdapat sesuatu yang sangat istimewa selain untuk makan dan minum. Hal yang istimewa tersebut adalah rahasia waktu berbuka puasa yaitu waktu dimana do’a-do’a bisa terkabulkan didalamnya.

Sebagian orang yang bahagia dengan kedatangan waktu berbuka puasa ada yang mengisinya dengan memanjatkan banyak do’a kepada Allah swt. Agar puasanya diterima dan seluruh pahalanya yang berlipat ganda akan menjadi pemberat amal kebaikannya di hari akhir kelak.Terlebih ditengah mewabahnya COVID-19 saat ini, kita bisa melangitkan do’a kepada Allah agar wabah ini segera diangkat dan semuanya berjalan normal kembali seperti sedia kala.

Dalam sebuah riwayat dikatakan salah satu golongan orang yang do’anya sulit ditolak ialah do’a orang yang berpuasa sampai ia berbuka puasa. Nah bagi kita yang menjalankan ibadah puasa, hal ini merupakan kabar bahagia yang seharusnya menjadi hal yang ditunggu-tunggu ketika waktu berbuka puasa selain untuk melepas haus dan lapar kita.

Kebahagiaan saat bertemu dengan Allah swt.

Kebahagiaan selanjutnya yang hanya akan didapatkan oleh orang yang berpuasa ialah kebahagiaan ketika bertemu dengan Allah swt, setiap orang yang menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan pahala kebaikan yang berlipat ganda, dimana pahala kebaikan itu akan menjadi pemberat timbangan kebaikan dihari pertimbangan kelak.

Pahala berpuasa yang berlipat ganda jika dibarengi dengan amalan kebaikan lainnya seperti sedekah, shalat sunnah, dzikir, berkata baik, silaturahmi dan lain sebagainya. lalu kemudian disempurnakan dengan memanjatkan do’a pada saat buka puasa agar diterima semua amal ibadahnya selama satu hari penuh dan agar pahala kebaikannya menjadi pemberat timbangan kebaikannya kelak, maka insyaallah akan menjadi kebahagiaan ketika bertemu dengan Allah swt.kelak.

Semoga kita semua mendapatkan dua kebahagiaan yang dikhususkan bagi orang yang berpuasa tersebut. untuk itu marilah kita tingkatkan kesungguhan kita disisa-sia ramadhan ini lalu kemudian melengkapinya dengan memperbanyak amalan kebaikan baik itu sedekah, shalat sunnah atau berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang lain.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00