Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Ini Dia Empat Keistimewaan Bulan Syawal Yang Bisa Diraih

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Bulan Ramadhan telah berlalu beberapa hari terakhir, ,Setelah melakukan banyak kebaikan dibulan yang sangat mulia tersebut salah satunya mencari keutamaan pada malam Lailatul Qadar, selanjutnya kita akan menghadapi bulan syawal yang didalamnya juga terdapat banyak amalan-amalan yang diutamakan.

Pada Bulan syawal ini, Seluruh umat islam telah menyambutnya dengan perayaan hari raya Idul Fitri. Hal tersebutlah yang membuka berbagai keistimewaan dibulan Syawal. Nah, setelah berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai keistimewaan bulan Ramadhan, Selanjutnya kita harus berusaha maksimal juga untuk menggapai keutamaan bulan syawal.

Sebab, dibulan syawal ini, kita umat islam diingatkan untuk terus meningkatkan ibadah dan melakukan amal-amal baik. jadi, pada bulan syawal ini lebih tepatnya adalah waktu yang pas untuk meningkatkan serta melanjutkan amalan-amalan yang dikerjakan dibulan Ramadhan sehingga amalan tersebut tidak berhenti begitu saja ketika bulan Ramadhan berakhir.

Sebelum melakukan amalan-amalan baik pada bulan syawal ini, lebih baik kita mengetahui dulu amalan apa saja yang dapat dikerjakan pada bulan syawal beserta dengan keistimewaannya agar kita bisa melaksanakannya dengan giat dan semangat. Berikut adalah amalan yang bisa dikerjakan pada bulan syawal beserta keistimewaannya.

Puasa Syawal Enam Hari

Puasa syawal selama enam hari merupakan puasa sunnah yang dianjurkan kepada setiap muslim, puasa dibulan syawal memiliki keistimewaan tersendiri yaitu menjadi penyempurna ibadah puasa selama satu bulan penuh dibulan Ramadhan. Sebab bagi siapa saja yang berpuasa pada bulan syawal selama enam setelah berpuasa satu bulan penuh dibulan Ramadhan maka baginya adalah pahala sama seperti halnya berpuasa selama satu tahun penuh. Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah saw. sebagai berikut.

Nah, memasuki pekan kedua pasca lebaran ini sudahkah sahabat semuanya melakukan puasa syawal tersebut. Bagi yang belum melakukanyya, kesempatan masih sangat terbuka, jadi jangan sampai sahabat semuanya menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Puasa Syawal ini bisa dilakukan sampai bulan syawal ini berakhir.

Silaturahmi Dibulan Syawal

Kebanyakan orang sering menyebut bulan syawal ini dengan bulan silaturahmi, sebab pada bulan ini hampir semua orang menyempatkan waktunya untuk bersilaturahmi baik bersama keluarga, teman, kerabat dan lainnya. Selain bersilaturahmi dan saling mengunjungi pada bulan ini juga semua orang bermaaf-maafan atas segala kesalahannya selama ini.

Pada dasarnya, silaturahmi dan maaf-maafan bisa dikerjakan kapan saja selain pada bulan syawal ini, namun bersilaturhami dibulan ini memiliki keistmewaan serta nuansanya tersendiri. Jadi manfaatkanlah bulan syawal ini untuk bersilatuyrahmi dengan orang-orang yang kita kenal dari mulai orang tua, keluarga, teman, kerabat dan lain sebagainya. Karena, pada bulan ini semua orang bisa merelakan segala kesibukannya demi menjalin silaturahmi dengan sesama.

Ditengah pandemic COVID-19 yang sedang melanda dunia ini, dimana sedang dijalankannya pembatasan sosial dan silaturahmi serta saling mengunjungi tidak bisa dilakukan karena dikhawatirkan dapat menjadi sebab menyebarnya virus, maka kita bisa menggantinya dengan silaturahmi Virtual menggunakan kemajuan teknologi yang ada.

Nikah Dibulan Syawal

Bulan Syawal juga diidentikan dengan bulan pernikahan, bahkan pada silaturahmi dibulan syawal pertanyaan kramat yang sering dilontarkan kepada orang yang belum nikah adalah kapan nikah? udah punya calon atau belum?

Pada dasarnya nikah merupakan salah satu sunnah rasul yang memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah menjadi pembuka rezeki. Nikah juga sering disebut ibadah yang menyempurnakan agama seseorang. Nah, dibulan syawal ini adalah salah satu bulan yang didalamnya dianjurkan untuk melangsungkan pernikahan, Rasulullah juga dahulu telah mencontohkannya dengan menikahi Siti Aisyah dan Ummu salamah dibulan Syawal. Nah, bagi kamu yang hendak menyempurnakan separuh agamanya, bulan syawal adalah bulan yang cocok untuk melangsungkannya.

Bulan Pembuktian Taqwa

Keistimewaan bulan syawal selanjutnya adalah sebagai bulan pembuktian taqwa, ini menjadi makna terpenting dalam bulan ini. Meski Ramadhan telah usai, bukan berarti semuanya telah usai, tilawah, shalat dan sedekah yang telah dikerjakan bisa terus dilanjutkan pada bulan syawal ini, sebab hal tersebut menjadi salah satu tanda apakah seluruh ibadah yang dikerjakan dibulan Ramadhan diterima atau tidak. Dan hal ini juga ditujukan untuk meraih derajat taqwa.

Bagaimana cara melakukannya? Yaitu dengan cara terus melakukan ibadah-ibadah atau amalan-amalan yang dikerjakan pada bulan Ramadhan seperti tilawah, sedekah, memperbanyak shalat sunnah dan lain sebagainya. Pada intinya jangan sampai amalan kita pada bulan syawal ini menurun dari sebelumnya. Wallahua’alam

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00