Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Jaminan Surga Bagi Orang Yang Bersedekah di Bulan Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

jaminan surga bagi orang yang bersedekah dibulan ramadhan

Bulan Ramadhan kehadirannya selalu menjadi penghibur hati bagi seluruh umat muslim yan g berada dipenjuru dunia ini. Bagaimana tidak, limpahan keberkahan dan jutaan keutamaan ditawarkan di bulan yang mulia ini. Pahala kebaikan diobral, Pengampunan dari Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu.

Seseorang yang menyadari kurangnya pahala kebaikan pada dirinya akan menyadari bahwasannya bulan ramadhan ini merupakan kesempatan yang paling baik untuk melakukan banyak amal kebaikan sehingga menjadi amal yang akan menjadi pemberat timbangan kebaikan di hari akhir kelak. Begitupun, bagi jiwa yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia dan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih ampunan-Nya pada bulan ini.

Salah satu dari sekian banyaknya kebaikan yang dibuka oleh Allah swt. Untuk meraih banyak pahala kebaikan di bulan ramadhan adalah pintu sedekah, sehingga tidak sedikit orang menyebut bulan ramadhan dengan bulan berbagi. Islam sendiri menganjurkan seluruh umatnya untuk memperbanyak sedekah, terlebih dibulan Ramadhan ini, sedekah menjadi lebih dianjurkan lagi untuk dilakukan.

sedekah dibulan ramadhan

Keutamaan Bersedekah

Allah Swt. Sangat memuliakan orang-orang yang mau bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang sangat besar bagi orang-orang yang suka bersedekah dalam kehidupan sehari-harinya. Banyaknya keutamaan yang didapatkan ketika bersedekah seolah-olah seluruh kebaikan tertumpul dalam satu amalan ini, yaitu sedeakh. Maka, sungguh sangat mengherankan bagi siapa saja yang mengetahui keutamaan sedekah serta memiliki kesempatan untuk melakukannya tidak terpangggil sama sekali untuk bersedekah.

a. Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Pada dasarnya kebaikan yang kita kerjakan pahalanya akan menambal semua dosa-dosa yang telah kita kerjakan. Begitupun dengan sedekah, dimana amalan ini memiliki banyak sekali keutamaan dan pahala yang besar. Semakin banyak kita bersedekah, tentunya dengan ikhlas hanya mengharap ridha Allah swt., maka semakin besar kesempatan bagi kita untuk diampuni segala dosa yang telah kita perbuat dimasa lalu. Rasulullah saw. Bersabda.

b. Sedekah memberi keberkahan pada harta.

Sedekah memberikan keberkahan kepada harta yang kita miliki, dimana harta yang kita sedekahkan bisa jadi menjadi pahala jariah yang terus mengalir meskipun kita telah tiada. Begitupun harta yang kita sedekahkan tidak akan mengurangi harta yang kita miliki, apalagi membuat kita jatuh miskin, akan tetapi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

c. Terdapat Pintu Surga Yang Hanya Bisa Dimasuki Oleh Orang Yang Bersedekah

Allah Swt. Sangat mencintai orang yang sedekah, salah satu bentuknya adalah dengan adanya pintu surge yang dikhususkan untuk orang yang gemar bersedekah seperti sabda nabi saw. Sebagai berikut:

Diatas adalah tiga keutamaan dari banyaknya keutamaan bersedekah, semoga dengan tiga keutamaan diatas dapat memotivasi kita untuk senantgiasa melakukan sedekah sekecil apapun itu. Sehingga kita menjadi orang yang gemar bersedekah, terlebih dibulan ramadhan yang agung ini, semoga kita bisa meningkatkan kadar sedekah kita.

Dahsyatnya Sedekah di Bulan Ramadhan

Bersedekah dibulan Ramadhan pahalnya lebih dashyat dibadning dengan bersedeakh dibulan-bulan lainnya. Hal itu yang menjadi sebab Rasulullah Saw. Memberikan tauladan kepada kita semua untuk lebih semangat bersedekah dibulan ramadhan ini disbanding dengan bulan-bulan yang lainnya. Diantara keutamaan sedekah dibulan Ramadhan adalah sebagai berikut.

a. Ibadah Puasa digabung Dengan Sedekah dan Shalat Malam Jaminannya Surga

Menjalankan Ibadah puasa dibulan ramadhan merupakan ibadah yang agung, bahkan pahala berpuasa dibulan ini tidak terbatas kelipatannya. Hal itu berdasarkan hadits qudsi sebagai berikut.

Dan sedekah, Keutamaannya telah kita ketahui bersama. Kemudian shalat malam juga merupakan ibadah yang agung dan jika didirikan dibulan ramadhan dapat menjadi penghapus dosa-dosa kita yang telah berlalu, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw. Sebagai berikut.

Berpuasa, sedekah dan mendirikan shalat mala mini terkumpul di bulan Ramadhan dan jika semuanya dikerjakan maka balasannya adalaj jaminan surge sebagaimana sabda Nabi saw. Sebagaai berikut :

b. Mendapatkan Tambahan Pahala Berpuasa Dari Orang Lain

Diatas telah dijelaskan beta besarnya pahala berpuasa dibulan Ramadhan, disebutkan bahwa pahalanya berkali lipat dan tidak terbatas. Dan disamping dengan berkali lipatnya pahala puasa kita, kikta juga bisa menambah pahala puasa kita dari orang lain, yaitu dengan cara bersedekah kepada orang lain. Tepatnya dengan membantu atau memberikan hidangan untuk berbuka puasa kepada orang lain yang sedang berpuasa.

Hal itu sesuai dengan sabda nabi saw. Sebagai berikut,

Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana ramadhan kali ini seluruh umat manusia dimuka bumi ini sedang menghadapi wabah COVID 19 yang mengharuskan semua orang harus beraktivitas di Rumah, hal itu hampir melumpuhkan seluruh sektor dan berakibat banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Keadaan ini merupakan kesempatan kita untuk senantiasa bersedekah untuk saling membantu dengan sesama. Sehingga semua orang bisa beribadah puasa dengan khidmat dan bisa sahur serta berbuka puasa dengan nikmat. Yuk bersedekah dibulan ramadhan bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur melalui Program Ramadhan Berbagi.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00