Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Karena 3 Alasan Ini Kenapa Mesti Rajin Sedekah Saat Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

ALASAN KENAPA HARUS SEDEKAH

Diksiahkan oleh ibnu rajab, bahwasannya rasulullah saw. Memiliki bebepa sifat dermawan, bahkan semua sifat dermawan berada dalam diri beliau. Dengan itu kita bisa meniru atau menjadikan beliau sebagai suri tauladan dalam kehidupan kita sehari-hari baik dalam sifat dermawannya maupun dalam segala sifat yang ada pada beliau.

Diantara bentuk dari sifat dermawannya rasulullah adalah berkorban dalam menyebarkan serta memperjuangkan agama serta memberikan kebermanfaatan lainnya seperti menasehati orang yang tidak tahu, memberi makan orang-orang yang lapar serta memberikan bantuan kepada siapa saja yang butuh.

Terlebih dibulan ramadhan, sifat dermawan rasulullah saw. semakin tampak. Sedekah menjadi salah satu amalan yang beliau tingkatkan dibulan Ramadhan. Dikisahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam bukhori dan Imam Muslim dari Ibnu Abbas ra. “ Nabi saw adalah orang yang paling giat bersedekah, semangat beliau dalam sedekah lebih meningkat lagi saat bulan ramadhan”.

ALASAN KENAPA HARUS SEDEKAH

Dibulan ramadhan ini hampir setiap orang senantiasa menginginkan kebaikan dan keutamaan dari bulan ini dengan cara meningkatkan atau memperbanyak amal shaleh yang dikerjakan. Salah satu amalan shaleh yang telah dicontohkan oleh rasulullah saw. untuk ditingkatkan pada bulan ramadhan yaitu sedekah. Nah berikut adalah 3 alasan utama mengapa kita mesti rajin bersedekah saat bulan ramadhan.

Bukti Keimanan Seorang Hamba Kepada Allah Swt.

Iman adalah membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan amal atau perbuatan. Iman selalu erat kaitannya dengan amal shaleh, sebab amal shaleh adalah salah satu bentuk nyata dari keimanan seseorang terhadap Allah swt, sehingga dengannya dapat disimpulkan bahwa orang yang beriman akan selalu mengerjakan amal shaleh dalam kehidupan sehari-harinya.

Begitupun dengan sedekah, sedekah merupakan salah satu amal shaleh yang merupakan bentuk atau wujud dari keimanan dalam diri seseorang. Sebagaimana sabda nabi saw. sebagai berikut.

sedekah adalah bukti

Sedekah merupakan bukti keimanan dalam diri seseorang, dengan demikian keimanan seseorang dapat diukur dari seberapa rajin dan seberapa ikhlas seseorang dalam bersedekah. Untuk itu mari kita tingkatkan sedekah kita dengan hanya mengharap ridha Allah swt.

Sedekah Dapat Menghapus Dosa Yang Telah Berlalu

Setiap amalan kebaikan sejatinya akan menghapuskan keburukan atau dosa-dosa kita dimasa lalu. Semakin banyak amalan kebaikan yang kita kerjakan maka semakin besar kesempatan bagi kita untuk diampuni atau dihapus dosanya oleh Allah swt. Begitupun dengan sedekah, sedekah memiliki banyak keutamaan dan pahala yang berlipat ganda, sehingga dengan kebaikan dan lipatan pahalanya tersebut insyaallah dapat menghapus dosa-dosa kita dimasa lalu.

Selain itu, sedekah juga merupakan amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir walaupun orang yang bersedekah tersebut telah meninggal dunia. Jadi, ketika kita bersedekah selain akan menghapuskan dosa-dosa kita di masa lalu, pahala sedekah juga akan terus mengalir meskipun kita telah meninggal dunia.

Sedekah Merupakan Pembuka Pintu Rezeki

Secara kasat mata memang dengan bersedekah harta kita secara otomatis berkurang, Namun tidaklah demikian, harta yang kita sedekahkan pada dasarnya adalah harta sesungguhnya yang kita miliki. Ia akan dating diakhirat sebagai pemberat amalan kebaikan bagi kita, diduniapun ia akan kembali kepada kita berupa limpahan keberkahan yang bisa jadi jumlah atau nilainya lebih besar dari apa yang kita keluarkan.

Selain itu salah satu bentuk keberkahan dari sedekah adalah menjadi pembuka bagi rezeki kita, jadi semakin banyak dan semakin ikhlas kita bersedekah maka pintu-pintu rezeki bagi kita akan semakin terbuka. Untuk itu bagi siapapun yang menginginkan kelimpahan rizki jangan lupa bukalah dengan bersedekah.

Adapun rezeki disini tidak selamanya berbentuk uang atau harta, akan tetapi rizki disini bisa jadi berupa kebahagiaan, kecerdasa serta kelancaran dalam menunaikan ibadah kepada Allah swt. Yuk buka pintu-pintu rezeki kita dengan bersedekah dibulan ramadhan melalui Program Ramadhan Berbagi Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00