Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Kasih Sayang Allah Lebih Besar dari Murka-Nya

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Meraih Kasih Sayang Allah

Meraih Kasih Sayang Allah – Rasulullah SAW Bersabda “Tatkala Allah menciptakan para makhluk, Dia menulis dalam kitab-Nya, yang kitab itu terletak di sisi-Nya di atas ‘Arsy, Sesungguhnya rahmat-ku lebih mengalahkan kemurkaan-ku” ( HR.Bukhari dan Muslim)

Hadits diatas menjelaskan bahwa rahmat Allah Ta’ala lebih dahulu ada dan lebih luas daripada Murka-Nya. Hal itu dikarenakan rahmat Allah adalah sifat yang sudah melekat pada Dzat-Nya dan diberikan kepada seluruh makhluk-Nya tanpa sebab apapun.

Rezeki yang paling besar adalah kenikmatan dalam beribadah

Meskipun tidak ada jasa dan pengorbanan dari makhluk-Nya, Allah tetap menyayangi kepada seluruh makhluk ciptaan-Nya. Dia menciptakannya, menentukan dan memberikan rezeki dari sejak dalam kandungan, ketika lahir dan masa penyusuan, sampai dewasa dan menua walaupun belum ada amal yang dikerjakan oleh hamba-Nya.

Sementara murka-Nya disebabkan oleh pelanggaran dari makhluknya berupa perbuatan maksiat dan dosa. Dengan demikian rahmat atau kasih sayang Allah sudah tentu lebih dahulu ada mendahului murka-Nya.

Selain itu, rahmat Allah yang diberikan kepada seluruh makhluk-Nya sangatlah luas. Sehingga ketika seseorang telah mengetahui luasnya rahmat Allah, maka seharusnya orang tersebut lebih semangat dan giat lagi untuk menggapainya serta tidak berputus asa untuk menggapainya.

Salah satu rahmat-Nya yang besar ialah berupa ampunan-Nya.Ampunan Allah bagi hamba-Nya sangatlah luas bagi siapa saja yang mau bertaubat atas maksiat dan dosa yang telah diperbuatnya.

Sahabat, ampunan Allah bisa menenggelamkan dosa-dosa, bagaimana dengan Keridhaan-Nya? Keridhaan Allah bisa memenuhi semua harapan. Lalu bagaimana dengan kasih sayang-Nya? Kasih sayang Allah dapat menjadikan seseorang tidak memerlukan apapun.

Kiat Meraih Kasih Sayang Allah

Kasih sayang Allah merupakan kebutuhan primer seorang hamba

Kasih sayang Allah merupakan kebutuhan primer seorang hamba untuk hidup di dunia ini. Adapun cakupan rahmat-Nya amatlah luas yakni meliputi seluruh makhluk ciptaan-Nya. Tanpa rahmat-Nya, manusia akan binasa dan senantiasa berada dalam kerugian.

Tidak ada satu orang hambapun yang bisa lepas dari rahmat Allah. Adapun bagi seorang hamba yang ingin meraih rahmat dari-Nya, ia harus menempuh langkah-langkah yang mendatangkan rahmat baginya yakni dengan cara menjalankan ibadah dengan baik serta berbuat baik terhadap sesama.

Semakin besar ketaatan seorang hamba, maka akan semakin dekat dengan-Nya serta semakin besar bagian rahmat yang ia dapatkan dari-Nya. Adapun untuk meraih rahmat Allah, berikut adalah kiat-kiat yang bisa sahabat lakukan.

Taat Kepada Allah dan Rasul-Nya

Taat kepada Allah dan Rasul-Nya merupakan faktor utama teraihnya rahmat, adapun bentuk ketaatan tersebut ialah dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Syaikh al-Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Bila kalian taat kepada Allâh Azza wa Jalla dan Rasul, niscaya akan kalian akan mendapatkan rahmat. Dan rahmat itu terwujud dalam teraihnya hal-hal yang diinginkan dan hilangnya hal-hal yang dikuatirkan.”.

Mengamalkan Kandungan Al-Quran

Al-Quran memuat banyak kebaikan di dalamnya

Al-Qur’an memuat kebaikan yang melimpah dan ilmu yang banyak. Ia menjadi sumber pengetahuan bagi seluruh disiplin ilmu dan dari situlah keberkahan akan hadir. Tidak ada kebaikan kecuali didorong dan diserukan dalam Al-Qur’an, dan sebaliknya tidak ada pula keburukan kecuali telah dilarang dan diperingatkan dalam Al-Qur’an.

Selain itu Al-Quran juga memuat berbagai macam hikmah-hikmah yang dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan. Dengan demikian, mengamalkan kandungan Al-Qur’an merupakan faktor penting dalam meraih rahmat Allah Ta’ala.

Mendirikan Shalat dan Menunaikan Zakat

Barang siapa yang mengharapkan rahmat-Nya, maka dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman : “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat”. An-Nur : 56

Sebaliknya, bagi siapa saja yang mengharapkan rahmat Allah tanpa menegakan shalat, menunaikan zakat serta taat kepada Rasulullah, maka ia hanyalah menjadi orang yang sedang berangan-angan.

Memperbanyak Istighfar

Sesungguhnya rahmat Allah sangatlah dekat kepada orang-orang yang senantiasa mengerjakan kebaikan dan juga orang yang bertaubat memohon ampunan-Nya. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman : Dia berkata, “Hai kaumku, mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan?. Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allâh, agar kamu mendapat rahmat”. [An-Naml : 46]

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00