Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Makna Ramadhan Bagi Umat Islam

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Makna Ramadhan

Makna Ramadhan – Para ulama mengatakan bahwa Ramadhan adalah bulan yang istimewa dan penuh pahala. Bahkan sebagian ulama ada yang memberikan pemisalan bahwa Ramadhan memiliki kedudukan disisi Allah seperti cintanya Nabi Yaqub kepada Nabi Yusuf dibandingkan kepada saudara-saudaranya yang lain.

Makna Ramadhan
Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan yang lebih dibanding sebelas bulan yang lainnya.

Sahabat, coba kita renungkan betapa besar cintanya Nabi Yaqub kepada Nabi Yusuf. Ketika Nabi Yusuf disakiti oleh saudara-saudaranya yang lain dan bahkan ia harus pergi meninggalkan orang tuanya, saat itu nabi Yaqub terus menangis sampai matanya tidak dapat melihat lagi.

Dan suatu hari, ketika Nabi Yusuf mengirimkan pakaian kepada Nabi Yaqub melalui saudara-saudaranya, ketika pakaian tersebut sampai kepada Nabi Yaqub seketika berkata “Aku mencium aroma putraku”. Kemudian pakaian tersebut diusapkan pada wajah Nabi Yaqub, sehinggga dengan izin Allah Nabi Yaqub kembali dapat melihat.

Sahabat, itulah gambaran betapa sayang dan cintanya Nabi Yakub kepada putranya Yusuf dibandingkan kepada saudara-saudaranya yang lain. Begitupun juga, istimewanya bulan Ramadhan melebihi keistimewaan bulan-bulan yang lainnya.

Menjelang bulan Ramadhan ini, kita dapat merenung bahwa bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari ini bukanlah bulan yang biasa. Jika diibaratkan sebagai manusia, bulan Ramadhan sama seperti halnya tamu istimewa dan paling dicintai oleh Allah SWT. Sehingga barang siapa yang memuliakan tamu ini, kemudian jadi teman dekat dan bahkan bersahabat dengan tamu ini, maka ia akan mendapatkan keistimewaan dari Allah Ta’ala.

Sebagian juga, ada yang mengatakan bahwa bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang memiliki kedudukan seperti matahari diantara bintang-bintang. Dimana bintang-bintang akan muncul pada malam hari ketika matahari terbenam dan ketika matahari terbit bintang-bintang tersebut akan tenggelam dan hilang oleh cahaya matahari.

Artinya segala macam bentuk ibadah yang dilakukan selama sebelas bulan ketika Ramadhan tiba dan kita melakukan satu jenis ibadah saja,  bisa jadi pahala satu ibadah di bulan Ramadhan itu dapat melebihi pahala ibadah yang dilakukan pada bulan-bulan yang lain selama sebelas bulan.

Makna Ramadhan
Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk memperbanyak kebaikan.

Dengan demikian, betapa ruginya seseorang yang dibulan Ramadhan amalannya sama seperti dibulan-bulan lain dan bahkan sangat merugi bagi orang kehilangan kesempatan untuk mengerjakan berbagai rangkaian ibadah di bulan Ramadhan.

Sebab, hanya di bulan Ramadhanlah Allah SWT memberikan banyak kebaikan-kebaikan bagi hamba-Nya dibandingkan dengan bulan-bulan lain.

Adapun jika dilihat dari berbagai hadits tentang keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan, maka kita akan menemukan banyak sekali keistimewaan-keistimewaan yang terkandung di dalam bulan Ramadhan.

Diantara kebaikan dan keistimewaan bulan Ramadhan ialah sebagai bulan diturunkannya ayat suci Al-Qur’an, selain itu pada bulan Ramadhan juga terdapat satu malam yang sangat istimewa, dimana ketika seorang hamba beribadah pada malam ini, maka seolah-olah ia telah beribadah selama seribu bulan.

Selain itu, berdasarkan sumber dari berbagai hadits nabi, bulan Ramadhan adalah bulan ampunan dosa dan dibebaskannya seorang hamba dari api neraka. Dikatakan bahwa setiap malamnya Allah SWT memerdekakan hamba-hambaNya dari siksaan api neraka.

Adapun bagi seorang hamba yang menghidupkan malam-malam di bulan Ramadhan dengan ibadah sebanyak-banyaknya, Baik itu dengan mengerjakan shalat sunnah tarawih atau shalat tahajud.

Selain itu, pada pelaksaan shalat sunnat tarawih juga, kita bisa memperpanjang bacaan-bacaan ayat suci Al-Qur’an pada saat pelaksanaan shalat tarawih. Shalat sunnah tarawih dan tahajud ataupun amal-amal lainnya di malam-malam bulan Ramadhan dilakukan tak lain agar kita termasuk ke dalam orang-orang yang mendirikan ibadah di bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00