Manfaat Puasa Senin dan Kamis Bagi Kesehahatan

Manfaat Puasa Senin dan Kamis Bagi Kesehahatan – Puasa senin dan kamis merupakan serangkaian puasa sunah yang telah dicontohkan oleh Nabi SAW. Puasa yang dikerjakan dan dicontohkan oleh Nabi tentu memiliki alasan tersendiri kenapa beliau mengerjakannya.

Puasa sunah yang sudah menjadi kebiasaan nabi ini memiliki keutamaan tersendiri bagi mereka yang mampu mengerjakannya. Diantara manfaatnya ialah dapat menjadi penghapus kesalahan dan meninggikan derajat seseorang.

Puasa Wajib dan Sunnah
Selain bermanfaat secara ruhiah, pausa juga memiliki manfaat bagi kesehatan jasmani.

Selain itu, hari senin dan kamis juga merupakan hari diangkatnya amalan seseorang ke hadapan Allah Ta’ala. Mengingat hal tersebut, dalam sebuah hadits rasulullah menyebutkan bahwa beliau menyukai dirinya untuk berpuasa pada dua hari itu yakni Senin dan Kamis.

Selain memiliki nilai positif bagi kesehatan rohani, puasa sunah Senin dan Kamis juga memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat puasa sunah Senin dan Kamis bagi kesehatan jasmani.

1. Menghindarkan diri dari resiko obesitas

Saat berpuasa, kita akan makan atau minum lebih sedikit, hal tersebut dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Selain itu, saat puasa juga akan terjadi penurunan hormon insulian, hormon pertumbuhan, dan hormon norepinefrin.

Keadaan tersebut memiliki dampak yang baik untuk merangsang pembakaran lemak di dalam tubuh yang kemudian dijadikan sebagai sumber energi. Proses pembakaran lemak tersebutkah yang mempengaruhi penurunan berat badan.

2. Meningkatkan fungsi pada otak

Puasa yang dilakukan secara berselang dipercayai dapat membuat tubuh meningkatkan pertumbuhan sel saraf yang baru sehingga dapat menunjangn kinerja otak lebih optimal.

Selain itu, kadar hormon otak bernama brain-derived neurotrophic factor (BDNF) juga akan meningkat saat puasa. Hormon ini diduga berperan dalam melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Melindungi organ jantung

Manfaat Puasa Senin dan Kamis Bagi Kesehahatan
Puasa dapat mengontrol tekanan darah dan kolestrol dalam tubuh.

Puasa yang dilakukan secara berselang dapat membantu menurunkan tekanan darah, kada kolestrol total, kolestrol jahat (LDL), trigliserida, dan gula darah. Dimana hal tersebut merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika tidak dikontrol dengan baik. Kemudian, apalagi fakto-faktor tersebut dapat diatasi maka pembuluh darah akan menjadi lebih sehat.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa Senin dan Kamis dipercayai memberi manfaat pada sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini puasa dapat berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh karena diduga dapat membantu menurunkan kerusakan jaringan akibat radikal bebas. Dimana radikan bebas merupakan zat yang sering dihubungkan dengan penuaan dan penyakit-penyakit kronis.

5. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat puasa Senin dan Kamis selanjutnya adalah dapat membantu dan menjaga kesehatan organ pencernaan. Saat berpuasa sistem pencernaan akan beristirahat dari tekanan untuk mencerna makanan selama sampai satu dua hari, hal tersebut akan menjadikan fungsi sistem pencernaan terus terjaga kinerjanya.

Kondisi pencernaaan yang sehat tentunya akan membuat seseorang jauh dari penyakit pencernaan seperti halnya sembelit, diare, dan penyakit pencernaan lainnya.

Sahabat, diatas adalah beberapa manfaat puasa sunah Senin dan Kamis bagi kesehatan. Yuk kita mulai untuk membiasakannya, tak hanya manfaat diatas, masih banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa sahabat dapatkan saat menunaikan puasa sunah pada hari Senin dan Kamis.

Leave a Reply