Memahami Keutamaan Bulan Ramadhan

Memahami Keutamaan Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan waktu yang dinantikan dan istimewa bagi kaum muslimin. Pada bulan ini umat islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh dan bagi mereka yang berhalangan baik sakit atau ada udzur lain bosa menggantinya di lain waktu.

Banyak keutamaan bulan Ramadhan yang dapat menjadi motivasi bagi umat islam untuk meningkatkan ibadahnya. Dengan demikian, mari persiapkan diri menyambut Ramadhan dan jangan biarkan Ramadhan ini berlalu begitu saja.

Berikut adalah beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang harus kamu ketahui.

  1. Pahala ibadah dilipatgandakan

Pada bulam Ramadhan, setiap amal ibadah yang dikerjakan oleh seorang muslim Allah lipatgandakan pahalanya. Ibadah rutin seperti shalat dan membaca Al-Quran akan dilipatgandakan pahalanya, dengan demikian bulan Ramadhan menjadi momen untuk memperbanyak amal ibadah.

Selain menunaikan amalan wajib, kamu juga dapat menambahkan amalan sunnah pada hari-hari selama Ramadhan seperti shalat sunnah, tilawah, sedekah, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat men-copy paste pahala ibadah orang lain dengan bersedekah takjil atau menu buka puasa pada orang-orang yang menjalankan ibadah puasa.

Memahami Keutamaan Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya pahala kebaikan.
  1. Diwajibkannya ibadah puasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan diwajibkannya umat islam untuk berpuasa selama satu bulan penuh, yang mana puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa. Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap amalan anak cucu Adam dilipatgandakan. Satu kebajikan dilipatgandakan 10 kali sampai 700 kali lipat, kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku dan Akulah yang akan langsung membalasnya. (HR Muslim).

Adapun hikmah dari ibadah puasa ialah mendidik jiwa untuk terus bersabar dan menghindari dari perkara-perkara yang mubazir ataupun haram. Selain itu, dengan ibadah puasa juga kamu akan merasakan apa yang dialami oleh orang-orang sekitar yang kurang beruntung yakni menahan haus dan lapar selama satu hari penuh.

  1. Bulan diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya kitab suci Al-Qiran. Hal itu seperti yang terdapat dalam QS. Al Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan  Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

Pada ayat diatas, umat islam dianjurkan untuk berpuasa pada bulan Ramadhan serta memperbanyak tilawah Al-Quran. Selain tilawah, kamu juga apat terus berinteraksi dengan Al-Quran dengan memperbaiki bacaan (tahsin), menambah hafalan, atau mempelajari tafsirnya sehingga kamu menjadi lebih dekat dengan Al-Quran.

Memahami Keutamaan Bulan Ramadhan
Terdapat momen berbuka puasa yang merupakan salah satu waktu mustajabnya doa.
  1. Terdapat malam lailatul qadar

Pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terdapat salah satu malam yang istimewa dan lebih baik daripada seribu bulan yakni malam lailatul qadar.

Dengan demikian, umat islam dianjurkan untuk menghidupkan sepuluh malam terakhir untuk meraih malam lailatul qadar yang kehadirannya Allah rahasiakan.

  1. Terdapat pengampunan dosa

Bagi muslim yang menjalankan shiyam dan qiyam di bulan Ramadhan dengan bersungguh-sungguh disertai dengan keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah.

Baca Juga: Manfaat Puasa Senin Kami Bagi Kesehatan

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa sholat di malam lailatul qodr karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu).

Ramadhan Saatnya Berbagi Kembali

Bulan Ramadhan dikenal dengan bulan amal, bulan sedekah, bulan Zakat, ataupun bulan berbagi. Pada bulan ini, kesempatan memaksimalkan banyak amal kebaikan sangat terbuka lebar, salah satunya kamu dapat memaksimalkannya untuk berbagi dengan sesama.

Ramadhan ini saatnya berbagi kembali, kamu dapat berbagi apapun yang memiliki nilai manfaat, mulai dari berbagi takjil, menu makan sahur dan buka puasa, berbagi paket lebaran, berbagi ilmu yang bermanfaat, dan lain sebagainya.

Yuk berbagi bersama kami dalam program Ramadhan Berbagi Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Sahabat bisa berbagi kebaikan untuk yatim dhuafa secara langsung dengan mengakses situs kami di https://indonesiaberbagi.id/donasi/.

Leave a Reply