Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan

Ramadhanberbagi.id, Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan – Diantara banyaknya keistimewaan bulan Ramadhan ialah dimudahkannya setiap muslim untuk menjalankan berbagai rangkaian ibadah dan dijadikannya setiap ibadah menjadi lebih indah.

Perlu kita ingat kembali, bahwa setiap amalan atau ibadah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dibandingkan pada hari-hari lainnya.

Salah satu ibadah atau amalan yang bisa dilakukan oleh seorang muslim sebagai amalan penyerta ibadah puasa dan ibadah wajib lainnya pada bulan Ramadhan ialah membaca Al-Quran.

Bulan Ramadhan yang dikenal juga dengan bulan Al-Quran mengharuskan seorang muslim untuk lebih memberikan perhatian yang lebih terhadap Al-Quran pada bulan ini. Tentunya membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan yang tak asing dan bahkan jadi amalan rutin bagi setiap muslim.

Membaca Al-Quran termasuk ibadah yang palung utama dan sangat rugi jika umat islam sendiri tidak mau membaca dan mempelajarinya. Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh an-Nu’man ibn Basyir yang artinya:

“Sebaik-baik ibadah umatku adalah membaca Al-Quran.” (HR. Baihaqi)

Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan

Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan
Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan (Foto: Canva)

1. Momen untuk memperbaiki bacaan

Aktivitas membaca Al-Quran menjadi salah satu aktivitas yang dapat dilakukan seorang muslim untuk mengiringi ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain bertabur pahala, membaca Al-Quran secara rutin secara tidak langsung dapat memelihar kualitas bacaan kita, semakin banyak waktu untuk membaca Al-Quran maka insyaallah akan semakin banyak perbaikan yang kita rasakan dalam membaca Al-Quran.

Saat kita mampu memahami dan membaca Al-Quran dengan baik dengan cara mengeluarkan huruf dari makhrajnya, menyempurnakan sifatnya, serta memenuhi hukum-hukum tajwidnya maka kita akan mampu memperhatikan letak kesalahan kita saat membaca Al-Quran.

Terlebih, jika membaca Al-Quran dilakukan secara berjamaah bersama saudara atau keluarga yang mampu memahami hukum-hukum bacaan, maka kita bisa memintanya untuk memperhatikan dan mengoreksi bacaan kita.

2. Memberi syafaat di Hari Akhir

Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan terbaik yang dapat menjadi tabungan kebaikan bagi kita pada hari akhir kelak. Disebutkan bahwa Al-Quran akan datang memberi syafaat bagi siapa saja yang rajin dan gemar membacanya. Hal itu sesuai yang disampaikan Nabi dalam haditsnya berikut ini.

“Dari Zaid bahwa ia mendengar Abu Sallam berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: ‘Bacalah Alquran, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti.'” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadits diatas, kita dapat memahami bahwasannya membaca Al-Quran merupakan amalan yang kebermanfaatannya dapat kita rasakan dalam jangka waktu yang panjang baik di dunia dan akhirat. Dengan demikian, hadits tersebut dapat dijadikan sebagai motivasi bagi diri agar gemar dan rajin membaca Al-Quran pada bulan Ramadhan dan bulan-bulan setelahnya.

3. Mendapat kemuliaan dari Allah

Al-Quran merupakan sesuatu yang mulia, diturunkan pada bulan yang mulia (Ramadhan) kepada Nabi yang mulia (Nabi Muhammad SAW) oleh malaikat yang mulia (Malaikat Jibril). Dengan demikian, orang yang membaca Al-Quran akan turut serta mendapatkan kemuliaan tersebut. Hal tersebut sesuai yang disebutkan oleh Nabi dalam haditsnya berikut ini.

Umar berkata, “Benar, Nabi kalian shallallahu alaihi wasallam telah bersabda: Sesungguhnya Allah akan memuliakan suatu kaum dengan kitab ini (Al Qur`an) dan menghinakan yang lain.” (HR. Muslim)

Mari kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai momen untuk melatih diri agar lebih dekat dan lebih rajin dalam membaca Al-Quran. Selain membacanya, kita juga dapat mentadaburi dan menghafalkan Al-Quran pada bulan Ramadhan ini.

Baca Juga: 9 Amalan Sunah di Bulan Ramadhan

4. Pahala yang berlipat ganda

Sebagai amalan umat islam yang paling utama, membaca Al-Quran dapat menjadi salah satu tabungan kebaikan yang pahalanya berlipat ganda. Bagaimana tidak, setiap huruf yang dibaca dalam Al-Quran akan dilipatgandakan pahalanya menjadi sepuluh kebaikan. Hal tersebut sebagaimana terdapat dalam hadits berikut ini.

“Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Betapa banyaknya kebaikan yang kelak akan kita dapat saat membaca Al-Quran, hal ini tentu menjadi kesempatan bagi seorang muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyak dengan membaca Al-Quran, khususnya pada bulan Ramadhan ini.

Leave a Reply