Agar Bisa Fokus Ibadah, Ini Strategi Atur Keuangan Bulan Ramadhan

Ramadhanberbagi.id – Salah satu cita-cita seorang muslim di bulan Ramadhan ialah mampu fokus melaksanakan ibadah tanpa harus membingungkan perihal keuangan. Dalam hal ini kamu perlu menerapkan strategi mengatur keuangan di bulan Ramadhan agar mampu tetap produktif mengerjakan berbagai rangkaian ibadah sesuai dengan targetmu.

Saat kamu mampu menerapkan strategi mengatur keuangan di bulan Ramadhan, kamu tak perlu bingung lagi memikirkan keuangan sehingga waktu sebulan penuh dapat dimanfaatkan untuk fokus beribadah.

Selain menjadikanmu lebih fokus beribadah, menerapkan strategi mengatur keuangan di bulan Ramadhan dapat menjadikan kondisi finansialmu akan lebih sehat.

Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan
(Foto: Unsplash)

Agar kamu tetap fokus pada pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan, berikut strategi yang harus kamu terapkan dalam mengelola keuangan pada bulan Ramadhan.

  1. Jumlahkan total pemasukan

Menjumlahkan pemasukan secara keseluruhan adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengeatur strategi keuangan selama bulan Ramadhan. Jumlahkanlah total pemasukanmu selama satu bulan mulai dari penghasilan utama hingga penghasilan sampingan misalkan dari freelance atau yang lainnya.

  1. Buat rencana pengeluaran

Setelah mengetahui jumlah penghasilanmu secara keseluruhan, langkah selanjutnya ialah membuat rencana pengeluaran selama satu bulan penuh.

Perlu diketahui, kondisi di bulan Ramadhan tentunya akan berbeda pada kondisi bulan-bulan lain, ada beberapa kebiasaan yang berubah seperti makanan dan minum serta pola istirahat yang berbeda.

Buatlah rencana pengeluaranmu selama bulan Ramadhan mulai dari keperluan untuk buka dan sahur, bayar listrik, bayar cicilan, dana untuk buka bersama keluarga atau teman, dan juga dana mudik lebaran pada akhir bulan Ramadhan.

Membuat rencana pengeluaran (budgeting) di bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat bagi keuanganmu diantaranya lebih hemat dalam belanja, mampu menyisihkan untuk hiburan, serta dana lebih fleksibel dan terkontrol.

Jadi, sebelum Ramadhan tiba, kamu harus membuat rencana pengeluaran yang tepat unntuk memenuhi kebutuhanmu selama Ramadhan.

Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan
Ilustrasi daftar pengeluaran bulanan. (Foto: Pexels)
  1. Sisihkan uang untuk berbagi

Ramadhan identik dengan bulan berbagi dan menjadi ajang untuk meningkatkan ibadah. Dengan demikian, jangan lupa untuk memasukan dana sosial atau berbagi ke dalam rencana pengeluaranmu selama bulan Ramadhan.

  1. Kebutuhan lebih utama daripada keinginan

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang dihadapkan dengan kebutuhan dan keinginan dalam hidupnya, mengenai hal ini sebagian ada yang memahami dan menjadikan kebutuhan sebagai prioritas, sebagian juga ada yang lebih memenuhi keinginannya.

Dalam mengelola keuangan, kamu tak bisa memakai seluruh pemasukan sesukamu, ada berbagai hal yang harus kamu penuhi mulai dari mencukupi kebutuhan, dana sosial, dana darurat, tabungan, dan lain sebagainya.

Kelolalah keuanganmu secara bijak dengan memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu dibandingkan keinginanmu.

  1. Komitmen dengan rencana

Jalankan semua rencana pengeluaranmu dengan baik. Perhatikanlah pengeluaranmu agar tetap sesuai dengan budget yang ada.

Jika harganya mengalami kenaikan, kamu dapat menyesuaikan dengan keuanganmu agar kebutuhanmu tetap terpenuhi.

  1. Bijak dalam memanfaatkan diskon

Bulan Ramadhan selain identik dengan ibadah juga identik dengan diskon. Pastikan kamu tetap membeli kebutuhan sesuai dengan rencana pengeluaranmu pada bulan ini.

Ingat, meski sebuah produk memiliki diskon yang cukup besar dan harganya lebih murah, akan jauh lebih murah jika kamu tidak membelinya sama sekali.

Namun demikian, jika salah satu kebutuhan di rencana pengeluaranmu yang sedang ada diskon, kamu dapat memanfaatkannya dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Sisihkan untuk menabung

Selain menabung pahala dengan tetap fokus ibadah di bulan Ramadhan, kamu juga dapat menyisihkan sebagian dari uangmu untuk menabung pada bulan Ramadhan.

Baca Juga: Menumbuhkan Kebiasaan Baik di Media Sosial Selama Bulan Ramadhan

Jika kamu mampu menerapkan strategi keuangan yang baik pada bulan Ramadhan, kamu dapat menghemat berbagai pengeluaran yang tak perlu. Artinya, akan lebih banyak uang yang bisa disisihkan untuk menabung.

Leave a Reply