Menumbuhkan Kebiasaan Baik di Media Sosial Selama Bulan Ramadhan

Ramadhanberbagi.id – Bulan Ramadhan merupakan momen bagi seorang muslim untuk terus memperbaiki diri agar memiliki kebiasaan baik. Di era pesatnya perkembangan teknologi dan dunia digital, seorang muslim harus mampu menumbuhkan kebiasaan baik di media sosial (dunia maya) dan juga dunia nyata.

Seperti kita ketahui, media sosial menjadi salah satu unsur penilaian orang lain terhadap diri kita. Sebab itu, penting sekali untuk belajar bagaimana menumbuhkan kebiasaan baik di media sosial.

Dilain sisi, kebiasaan buruk di media sosial dapat menjadi salah satu faktor rusaknya hubungan kekeluargaan hingga menjadi dosa jariyah yang terus mengalir jika tidak dikelola dengan baik.

Bijak dalam bermedia sosial dengan menjaga sikap baik adalah cara terbaik bagi seorang muslim untuk bermedia sosial utamanya pada bulan Ramadhan.

Agar mampu bermedia sosial dengan baik dan bijak di bulan Ramadhan, berikut adalah beberapa langkah menumbuhkan kebiasaan baik di media sosial yang dapat kamu lakukan.

Berselancar Secukupnya

Berselancar di media sosial pada dasarnya merupakan aktivitas yang menyenangkan, namun jika tidak dibatasi dan diatur dengan baik dapat menimbulkan berbagai hjal negatif, seperti gangguan pada kesehatan mata dan sakit pada pergelangan tangan.

Terlebih jika informasi yang dikonsumsi adalah informasi yang negatif, hal tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang.

Menumbuhkan Kebiasaan Baik di Media Sosial
(Foto: Pixabay)

Tahan Amarah

Saat melaksanaan ibadah puasa, selain menahan haus dan lapar, seorang muslim juga dianjurkan untuk menahan amarah yang ada dalam dirinya.

Hal demikian juga selayaknya diterapkan oleh seorang muslim dalam berselancar di media sosial. Namun demikian, terkadang disaat kita mencoba untuk menahan dan menghindari amarah, ada komentar atau informasi yang dapat mempengaruhi emosi. Untuk itu, hindari membaca konten yang negatif dan sebisa mungkin menahan amarah jika mendapat komentar negatif dari pengguna media sosial lainnya.

Dalam beberapa platform media sosial, ada fitur saring semua komentar yang dapat kamu gunakan untuk menentukan komentar mana yang akan muncul pada unggahanmu. Gunakanlah fitur tersebut untuk menghindari berbagai hal yang tak diinginkan seperti timbulnya emosi dan amarah yang dapat mengurangi pahala puasamu.

Ciptakan Suasana Positif

Unggahlah konten yang positif dengan memilih kalimat yang diucapkan sebaik mungkin. Selain itu, kamu juga sebaiknya menggunakan ucapan yang baik saat berkomentar pada teman di media sosial.

Mengunggah konten yang positif selain bermanfaat juga dapat menjadikan ibadah puasamu lebih terjaga dari hilangnya pahala karena amarah atau ghibah.

Menumbuhkan Kebiasaan Baik di Media Sosial
(Foto: Pixabay)

Saring sebelum sharing

Dunia maya atau media sosial memungkinkan kita untuk menerima informasi sebanyak-banyaknya, dan sebagai pengguna media sosial seringnya kita membagikan informasi tersebut tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Meniru Kebiasaan Rasulullah dalam Menyambut Ramadhan

Agar terhindari dari berita bohong atau fake news, saringlah informasi dengan sebaik mungkin. Carilah referensi dari media terpercaya untuk membuktikan sebuah informasi yang beredar.

Demikian juga dalam membagikan berita, saringlah beritu terlebih dahulu sebelum membagikannya. Bedakan mana berita yang akurat dan berita yang bohong atau fake news.

Leave a Reply