Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Meraih Ampunan di Bulan Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Hikmah Ramadhan

Hikmah Ramadhan –  Sepanjang kehidupan yang dijalaninya, manusia tak pernah luput dari khilif dan perbuatan dosa. Maka bersyukurlah bagi seorang hamba yang diberikan umur Panjang hingga sampai ke bulan Ramadhan. Sebab,  bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan bulan penuh pahala, setiap amal kebaikan pada bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya.

Hikmah Ramadhan
Ramadhan adalah bulan untuk memaksimalkan ibadah

Allah membuka pintu ampunan selebar-lebarnya bagi siapa saja hamba-Nya yang Kembali dan mendekatkan diri pada-Nya. Pada bulan ini juga Allah memberikan kesempatan bagi hamba-Nya untuk berleluasa dalam ibadah, sebab pada bulan Ramadhan, syaitan yang biasa mengganggu dan menggoda manusia dibelenggu.

Berikut adalah  amalan yang bisa kita kerjakan dalam rangka meraih ampunan Allah di Bulan Ramadhan :

1. Melaksanakan Shaum Ramadhan

Hikmah Ramadhan
Setiap muslim diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan

Melaksanakan ibadah puasa atau shaum di bulan Ramadhan merupakan sesuatu yang wajib bagi setiap muslim yang baligh dan berakal. Adapun salah satu hikmah berpuasa dibulan Ramadhan ialah mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang telah berlalu.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena beriman dan mengharap pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR Bukhari dan Muslim)

2. Melaksanakan Shalat Tarawih dan Tahajud

Hikmah Ramadhan
Shalat sunnah tarawih adalah shalat sunnah yang dianjurkan di bulan Ramadhan

Shalat Tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada di bulan Ramadhan, dengan demikian kita harus memaksimalkan diri dalam menunaikannya. Sebab, kita tidak pernah mengetahui apakah kita bisa menjalankan shalat Tarawih lagi pada bulan Ramadhan selanjutnya. Selain shalat tarawih, kita juga dianjurkan untuk mengisi malam dengan shalat Tahajud.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa melakukan shalat malam pada bulan Ramadhan karena beriman dan mengharap pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari no. 2008 dan Muslim no. 174)

3. Memperbanyak do’a

Hikmah Ramadhan
Doa Bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Di antara permohonan yang terpenting yang dipanjatkan seorang hamba kepada Rabbnya yaitu permohonan agar dosa-dosanya diampuni atau pengaruh dari pengampunan dosa seperti yang diselamatkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga.

Abu Muslim al Khaulâni mengatakan, “Tidaklah datang berdoa kepadaku, kecuali saya jadikan doa itu permohonan agar dilindungi dari api neraka.”

4. Mengisi Hari dengan Memperbanyak Beristighfar

Salah satu hikmah dari beristighfar ialah dapat menggugurkan dosa. Maka dibulan yang penuh ampunan, seorang muslim dianjurkan untuk terus membasahi lisannya dengan dzikir, do’a dan istighfar untuk meraih ampunan Allah SWT.

5. Beribadah di Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar adalah malam yang paling utama di bulan Ramadhan

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling utama daripada malam yang lainnya di bulan Ramadhan. Barang siapa yang beribadah pada malam ini maka ia pahala yang ia dapatkan sama halnya dengan ibadah selama 1000 bulan. Selain itu, beribadah di malam Lailatul Qadar juga menjadi salah satu sebab di ampuninya dosa-dosa seorang hamba.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa menegakkan shalat di malam Lailatul Qadar karena beriman dan mengharap pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

6. Bersedekah

Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk menunaikan sedekah

Bersedekah di bulan Ramadhan menjadi amalan pelengkap dari ibadah puasa yang wajib dijalankan. Sedekah menjadi amalan yang dapat menghapuskan dosa-dosa seperti halnya air memadamkan api.

Baca Juga : Do’a Menyambut Ramadhan

Dalam hadits Mu’adz, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Maukah aku tunjukkan kepadamu pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai. Bersedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api.” (HR at Tirmidzi)

Demikian ibadah yang bisa kita kerjakan untuk meraih ampunan Allah SWT di bulan Ramadhan yang penuh ampunan. Semooga Allah SWT memberikan ampunan atas kesalahan-kesalahan dan dosa kita sebelum takdir berupa ajal datang menjemput.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00