Pelajaran Penting Ibadah Puasa di Bulan Ramadan

Ramadhanberbagi.id – Bulan Ramadan merupakan momen bagi seorang muslim untuk meningkatkan kualitas dirinya melalui berbagai rangkaian ibadah salah satunya ibadah puasa, terdapat banyak pelajaran penting ibadah puasa di bulan Ramadan bagi muslim yang menjalankannya.

Pelajaran penting ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan barometer keberhasilan atau kesuksesan seorang muslim dalam menjalankan ibadah puasa, yang mana pelajaran ini akan menjadi jalan menuju ketakwaan yang merupakan esensi dari ibadah puasa.

Berikut adalah beberapa pelajaran penting ibadah puasa di bulan Ramadan.

Pelajaran Penting Ibadah Puasa di Bulan Ramadan
Esensi dari ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah ketakwaan. (Foto; Canva)

1. Disiplin karena Allah

Pada bulan yang mulia ini, kita belajar bagaimana mendisiplinkan diri ini karena Allah dengan jadwal makan dan minum ketat di pagi dan sore hari.

Hal ini menyadarkan kita bahwa dalam kegiatan duniawi saja seperti halnya makan dan minum, kita harus tetap berada dalam perintah ilahi.

Saat menjalankan ibadah puasa, kita belajar mengubah kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari karena kita belajar bahwa kita bukanlah hamba dan budak dari kebiasaan kita sendiri melainkan hamba Allah.

Kemudian, setelah bulan Ramadan ini berakhir, kita harus menjaga semangat disiplin ini dalam berbagai aspek kehodupan yang lain serta melanjutkan ketundukan kita pada perintah Allah.

2. Memperbarui semangat beribadah

Bulan Ramadan dan ibadah puasanya merupakan momen untuk memperbarui semangat ibadah dan ketakwaan kita kepada Allah Ta’ala. Pada bulan ini, umat islam diharapkan mampu meningkatkan ibadahnya serta meningkatkan keilmuannya dalam beragama sehingga mampu berhati-hati dan lebih khusyu dalam menjalankan ibadah seperti halnya shalat lima waktu.

Kemudian, pada bulan Ramadan juga terdapat ibadah khusus yang hanya pada bulan ini seperti halnya shalat tarawih yang harus kita maksimalkan.

3. Memperbarui interaksi dengan Al-Quran

Ramadan dan Al-Quran merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Hal itu karena pada bulan Ramadan inilah Al-Quran yang berisi pedoman hidup umat islam diturunkan kepada Rasulullah.

Bulan Ramadan menjadi momen untuk memperbarui dan meningkatkan interaksi dengan Al-Quran, pada bulan ini kita dapat memperbanyak tilawah serta mempelajari dan memahami Al-Quran dan kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Kesamaan identitas

Ibadah puasa di bulan Ramadan bukan hanya sekedar ibadah yang dikerjakan seorang individu saja, tetapi ibadah yang dikerjakan secara berjamaah. Pada bulan ini, seluruh umat islam berpuasa dalam satu bulan yang sama, hal ini memberi rasa kebersamaan dan kesamaan identitas.

Ibadah puasa mengajarkan bahwa kekuataan umat islam terletak pada ikatan yang didasarkan pada ketakwaan dan kebajikan. Artinya, kekuatan umat islam di sini terletak pada komitmennya terhadap nilai-nilai kebaikan dan ketakawaan.

5. Meningkatkan kepedulian

Puada di bulan Ramadan memiliki hikmah yang besar bagi umat islam, salah satunya ialah mampu memahami penderitaan dan rasa lapar yang mungkin sehari-hari dialami oleh fakir miskin. Dengan perasaan lapar tersebut, kita memahami arti kehilangan kebutuhan dasar hidup.

Perasaan tersebut dapat dijadikan sebagai momen untuk menjadikan diri lebih baik dan murah hati melalui amalan sedekah dan zakat yang bisa ditunaikan pada bulan ini.

Baca Juga: Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan

6. Takwa

Takwa merupakan output dari ibadah puasa yang dikerjakan selama bulan Ramadan. Takwa dalam hal ini merangkum semua nilai moral dan spiritual bulan Ramadan.

Takwa adalah percaya kepada Allah dengan sepenuhnya, membernarkan keberadaan-Nya dan takut pada Allah. Ketakwaan seseorang dapat dilihat dari seberapa besar ketaatannya kepada Allah.

Leave a Reply