Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Persiapan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Menyambut Ramadhan 2021

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci dan dicintai umat, setiap orang menginstimewakan dan mencintainya. Dan tidak ada satupun yang ingin melewatkan diri dalam menyambutnya. Ada yang menyambutnya dengan berlari, ada juga yang berlari kecil dan berjalan dan bahkan ada juga yang menyambutnya hanya dengan menanti hingga hari itu tiba.

Sahabat, hendaknya kita mengetahui bahwa salah satu nikmat yang banyak disyukuri meskipun oleh orang yang lalai sekalipun ialah nikmat ditundanya ajal dan sampainya kita di bulan Ramadhan. Tentunya jika kita menyadari betapa menggunungnya dosa kita, maka pastilah kita sangat berharap untuk dapat menjumpai bulan Ramadhan dan mereguk berbagai manfaat di dalamnya.

Salah satu wujud dari rasa syukur atas ditundanya ajal hingga Ramadhan tiba ialah dengan menyambut bulan yang suci tersebut dengan penuh kegembiraan. Adapun dalam menyambutnya ada beragam cara yang bisa dilakukan. Ada yang menangis haru karena kesempatan berjumpa, ada juga yang riang gembira karena maknan akan berlimpah saat berbuka.

Ramadhan 1442 H/2021 M. diiprediksi akan jatuh pada tanggal 13 April 2021. Meskipun masih lama, kita harus senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Baik itu persiapan jasmani dan rohani, mempersiapkan diri dengan baik akan menghindarkan kita dari ketidaksiapan.

Sahabat, ketahuilah bahwa ketidaksiapan akan berbuah menjadi sesuatu yang pahit. Dalam menyambut bulan yang penuh berkah tersebut kita harus menyiapkan diri semaksimal mungkin, jangan sampai bulan Ramadhan datang dan kita belum siap apapun.

Ketidaksiapan dalam menyambut Ramadhan sama halnya dengan meremehkan bulan tersebut, sehingga akibatnya sangat besar yakni kelemahan diri dalam memaksimalkan bulan tersebut untuk meraih pahala sebesar-besarnya dan ampunan dari Allah swt. Sungguh kerugian yang sangat besar bagi seorang tidak dapat mengambil hikmah dan keutamaan dari bulan Ramadhan.

Cara Terbaik Menyambut Ramadhan

Besarnya keagungan bulan Ramadhan tentunya harus disambut dengan penuh bahagia dan suka cita. Berikut adalah beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan untuk “menyambut bulan Ramadhan”.

1. Memperbanyak Taubat Kepada Allah

Sahabat, sejatinya bertaubat perlu kita lakukan setiap saat. Sebab, siapapun dari kita pasti tidak akan pernah lepas dari kesalahan. Bertaubat sebelum memasuki bulan Ramadhan menunjukan keseriusan kita dalam memuliakan bulan suci tersebut. Sehingga ketika bulan suci datang tidak ada lagi sekat-sekat atau sesuatu yang menghalangi kita untuk melakukan berbagai amal shaleh.

2. Berdo’a agar disampaikan ke bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh rahmat yang diberikan kepada para hamba pilihan Allah. Artinya tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk berjumpa dengan bulan ini. Untuk itu berdoa dan memohonlah kepada Allah agar disampaikan ke bulan yang mulia ini.

Kebiasaan para salaf terdahulu adalah senantiasa berdo’a dan memohon kepada Allah agar disampaikan ke bulan Ramadhan serta diberikan kekuatan untuk memaksimalkan ibadah didalamnya. Bahkan ada sebagian dari mereka yang berdo’a enam bulan sebelum kedatangan bulan tersebut.

3. Bersegera untuk mengganti puasa yang tertinggal

Salah satu kewajiban yang penting untuk diperhatikan sebelum Ramadhan ialah hutang puasa pada bulan Ramadhan sebelumnya. Bagi siapapun yang memiliki tanggungan puasa yang belum terlunasi, maka ia harus segera menyelesaikannya. Puasa Qadha dalam pelaksanaannya bisa ditunda sampai bulan Sya’ban, akan tetapi lebih cepat kita melunasinya maka itu lebih baik. Selain itu, bersegera mengganti puasa yang tertinggal merupakan bentuk kesungguhan seseorang dalam menyambut ramadhan.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00