Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Persiapan Menyambut Ramadhan, Yuk Perbanyak Syukur

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Menyambut Ramadhan

Ramadhan 2021 – Orang yang bersyukur ialah orang yang hatinya mengakui dan meyakini bahwa segala nikmat yang diperoleh itu berasal dari Allah Swt. Lisannya senantiasa dipenuh dengan kalimat pujian sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat-Nya, selanjutnya ia juga selalu memanfaatkan kenikmatan dari Allah tersebut untuk memperbanyak amal shaleh.

Allah swt. berjanji akan melipatgandakan karunianya kepada orang-orang yang senantiasa bersyukur, yaitu orang yang menerima takdirnya, ikhlas dan lapang dada, sabar dan tidak pernah mengeluh atas cobaan yang diberikan oleh-Nya.

Menyambut bulan Ramadhan yang penuh ampunan.

Allah Swt. berfirman : Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih”. (QS Ibrahim :7)

Selain akan melipatgandakan nikmat yang Allah berikan, bersyukur juga dapat menjadi salah satu jalan untuk meraih kebahagiaan yang hakiki.  Ibnu Qayyim rahimahullah berkata ”Rahasia kebahagiaan ada tiga. Pertama, bersyukur atas nikmat Allah. Kedua, bersabar atas musibah. Dan ketiga, bertobat dari maksiat.”.

Membiasakan Diri Untuk Terus Bersyukur

Setiap orang pasti pernah bahkan sering mendapatkan nikmat dari Allah Ta’ala, Adapun cara terbaik untuk menyikapi pemberian-Nya tersebut ialah dengan cara bersyukur. Berikut adalah 5 cara yang bisa kita lakukan untuk mendidik diri kita agar terbiasa untuk bersyukur atas segala nikmat-Nya.

1. Selalu mengingat Allah dimanapun dan kapanpun

Ingatlah Allah dimanapun dan kapanpun.

Mengingat Allah merupakan cara yang pertama dan paling mudah untuk mendidik diri kita agar selalu bersyukur. Dimanapun dan kapanpun kita dianjurkan untuk selalu mengingat Allah Subhanahu Wata’ala. Mengingat Allah sejatinya kan menjadikan diri kita sadar bahwa hanya Allah yang menciptkan seluruh alam dan seisinya, termasuk nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Untuk itu, jagalah hati kita setiap detik untuk mengingat kebesaran-Nya.

2. Menjauhi penyakit hati

Penyakit-penyakit yang ada didalam hati kita seperti hasad, takabbur, riya atau ujub akan menjadikan kita seorang yang kufur dan jauh dari rasa syukur. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah penyakit-penyakit hati tersebut dengan cara memperbanyak amal shaleh seperti tilawah, dzikir, mengikuti kajian islami dan lain sebagainya.

3. Berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan

Berbagi adalah salah satu wujud rasa syukur kita kepada Allah.

Ketika kita diberi kenikmatan berupa limpahan harta oleh Allah swt, maka cara untuk menyikapinya adalah dengan berbagai kepada orang-orang yang membutuhkan. Jauhilah sifat kikir yang akan menjauhkan hati kita dari rasa syukur. Akan tetapi, berbagilah sekecil apapun itu akan menjadikan hatimu dipenuhi rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh-Nya.

4. Menumbuhkan rasa ikhlas

Ikhlas merupakan salah satu cara bersyukur yang ringan dikatakan namun sedikit berat untuk diamalkan. Berbicara tentang ikhlas akan nikmat yang telah diberikan kepada kita artinya kita dilarang untuk melihat keatas melainkan harus melihat kebawah. Jangan hanya melihat kehidupan orang-orang yang lebih maju, sukses, kaya dan rupawan dibanding kita. Akan tetapi, untuk meningkatkan rasa syukur kita dianjurkan untuk melihat kebawah, mungkin ada diantara kita yang kurang beruntung dibandingkan kita.

Ketika seseorang hanya melihat keatas, maka yang akan terjadi ialah orang tersebut akan selalu mengeluh, merasa kurang dan jauh dari rasa syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepadanya. Sebaliknya, ketika kita melihat kebawah, sekecil apapun nikmat yang didapatkan maka kita akan mensyukurinya.

5. Merawat nikmat yang telah diberikan Allah

Cara bersyukur yang tidak kalah penting ialah merawat segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada kita. Salah satu contohnya ialah menjaga kelestarian alam, tidak menebang pohon sembarangan atau membakar hutan. Selain menjaga alam, kita juga dianjurkan untuk merawat diri sendiri agar tetap sehat dan bisa melakukan berbagai amalan shaleh.

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh ampunan, marilah kita senantiasa mendidik diri kita menjadi insan yang selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikannya. Semoga kita semua tergolong kepada orangt-orang yang bersyukur dan dijauhkan dari sifat kufur. Aamiin

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00