Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Puasa Syawal, Puasa Sunnah Yang Dianjurkan Paska Lebaran

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

puasa sunnah syawal 1441 H

Diantara bentuk karunia dari Allah swt. kepada umat islam adalah dengan adanya anjuran untuk melakukan puasa sunnah dibulan syawal setelah melaksanakan Ibadah puasa selama satu bulan penuh dan merayakan hari kemenangan. Puasa sunnah dibulan syawal adalah puasa yang dilakukan selama enam hari berturut-turut ataupun tidak dengan catatan masih berada dibulan syawal.

Secara hukum jumhur ulama bersepakata bahwasannya berpuasa dibulan syawal selama enam hari berturut-turut ataupun tidak selama masih dalam bulan syawal hukumnya adalah mustahab (sunnah). Hal itu sesuai dengan sabda nabi saw. sebagai berikut.

Dalil diatas merupakan dalil tentang keutamaan dari berpuasa dibulan syawal, dalil tersebut juga menunjukan bahwa berpuasa dibulan syawal merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh rasulullah saw.,

Keutamaan Puasa Dibulan Syawal

Secara umum, keutamaan dari ibadah puasa baik puasa wajib maupun puasa sunnah memiliki kesamaan. Akan tetapi berbicara tentang puasa sunnah dibulan syawal selama enam hari, puasa sunnah ini memiliki keutamaan khusus yaitu menyempurnakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan sehingga ketika puasa sunnah ini dilaksanakan maka kita seperti melaksankan ibadah puasa selama satu tahun penuh.

Hal tersebut berdasarkan sabda nabi saw. sebagai berikut.

Dalam riwayat lain,

Dinukil dari Syarah Shahih Muslim , 8/56 Imam Nawari berkata, “ pahala puasa syawal seperti halnya berpuasa setahun penuh. Karena satu kebaikan senilai dengan sepuluh kebaikan. Puasa Ramadhan selama satu bulan penuh senilai dengan berpuasa selama sepuluh bulan, dan puasa enam hari dibulan syawal senilai dengan berpuasa selama dua bulan.

Hikmah Puasa Sunnah Bulan Syawal

  1. Puasa syawal menyempurnakan pahala puasa Ramadhan sehingga pahalanya senilai dengan berpuasa selama satu tahun penuh.
  2. Puasa dibulan syawal dan dibulan sya’ban sama seperti halnya shalat sunnah rawatib, dimana fungsinya adalah menambal atau menyempurnakan seusatu hal yang cacat dalam melaksanakan ibadah wajib. Sebab, ibadah wajib kelak akan disempurnakan dihari kiamta dengan amalan-amalan sunnah.
  3. Salah satu tanda dari diterimanya amal kebaikan adalah dengan adanya amal kebaikan berikutnya. Dengan demikian puasa sunnah dibulan syawal bisa menjadi salah satu tanda diterima pahala ibadah puasa kita selama satu bulan penuh.
  4. Orang yang berpuasa selama bulan Ramadhan disempurnakan pahalanya pada hari raya idul fitri dan diampuni seluruh dosa-dosanya. Adapun berpuasa dibulan syawal merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepadanya berupa hari kemenangan dan pengampunan dosa-dosa. Sebab tiada nikmat yang paling indah kecuali Pahala dan Ampunan-Nya.

Puasa syawal merupakan karunia terbesar dari Allah kepada seluruh umat muslim, jangan sampai kita menjadi orang yang tidak mendapatkan karunia tersebut. Yuk, kita berpuasa syawal, bagi yang belum mulai masih ada kesempatan untuk memulainya sebelum bulan syawal ini berakhir.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00