Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Rahasia Waktu Sahur Di Bulan Ramadhan, Apa saja?

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Rahasia waktu sahur dibulan ramadhan

Sahur adalah makan yang ditunaikan pada dini hari menjelang terbitnya fajar atau saat ini bisa dibatasi dengan adanya adzan shubuh. Makan sahur merupakan salah satu kegiatan yang dirindukan dan menarik dibulan ramadhan yang penuh berkah ini. Terlebih jika makan sahur dilaksanakan bersama keluarga tercinta secara berjam’ah, sungguh hal ini merupakan moment yang cukup langka dan hanya ada dibulan ramadhan.

Sahur juga merupakan salah satu amalan sunnah yang dikerjakan oleh rasulullah saw. ketika hendak berpuasa. Adapan amalan sunnah ialah amalan yang berpahala jika dikerjakan dan jika tidak dikerjakan bukanlah merupakan sebuah dosa. Selain bernilai pahala, makan diwaktu sahur mengandung banyak sekali keberkahan didalamnya. Dalam hal ini rasulullah saw. bersabda :

Dalam hadits diatas disebutkan bahwa orang yang makan sahur akan mendapatkan keberkahan. Seperti yang kita ketahui bersama pengertian dari berkah sederhananya adalah bertambahnya kebaikan atau ziadatul khoir. Jadi secara sederhana dapat dikatakan bahwa orang yang makan sahur memiliki kesempatan untuk bertambah kebaikannya selama ia berpuasa.

Sesuatu hal dapat dikatakan berkah ketika sesuatu tersebut dapat memberikan nilai kebaikan yang terus bertambah. Selain itu, keberkahan juga bisa dilihat dari adanya manfaat atau tidak, secara kasat mata terlihatnya sedikit namun manfaatnya cukup besar sehingga semua orang bisa merasakannya.

Keberkahan waktu sahur serta makan diwaktu tersebut secara garis besar bisa dibagi kedalam dua bagian yaitu sebagai berikut, 

mustajbanya doa diwaktu sahur
mustajabnya do’a diwaktu sahur

Keberkahan sahur dari segi fisik

Secara fisik keberkahan yang didapatkan dari makan diwaktu sahur adalah akan mendapatkan kekuatan fisik yang lebih kuat sehingga bisa menahan lapar dan haus selama seharian. Dengan makan sahur seseorang dapat terhindar dari kelelahan, rasa lapar serta ngantuk yang berlebihan sehingga ia bisa memaksimalkan waktu puasanya seharian dengan melakukan banyak amal kebaikan.

Hikmah dari sahur yang dapat mengurangi rasa lapar adalah terhindar dari ahlak tercela yang disebabkan oleh rasa lapar. Adapun salah satu contoh akhlak tercela yang diakibatkan oleh rasa lapar adalah sifat pemarah. Orang yang lapar sangat gampang sekali untuk marah, dan marah sangat berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Dengan ini, bersahur kita bisa menghindarkan diri dari salah satu akhlak tercela yang bisa mengurangi pahala bahkan membatalkan puasa kita.

Adapun waktu makan sahur yang utama adalah ketika menjelang terbitnya fajar atau kurang lebih 20-30 menit menjelang adzan shubuh. Dengan demikian, akan menjadikan kekuatan yang lebih dan mempersingkat waktu puasa dibanding dengan kita makan sahur pada pukul tiga atau setengah empat dinihari. Sehingga dengan demikian kita bisa lebih kuat dan memiliki kekuatan yang cukup banyak untuk menjalani ibadah puasa selama satu hari penuh.

Waktu sahur adalah waktu mustajab untuk menunaikan do’a

Keberkahan selanjutnya dari waktu sahur ialah merupakan waktu dimana do’a-do’a dapat diijabahkan oleh Allah swt. Hal ini merupakan kabar baik bagi kita untuk memohon kemudahan serta kelancaran dari semua hajat kita kepada Allah swt. Serta memohon ampunan atas segala dosa-dosa kita yang berlalu.

Waktu sahur adalah waktu yang sangat diabjurkan untuk memohon ampun kepada Allah dengan memperbanyak istighfar sebagaimana dalam Al-Quran dikatakan sebagai berikut.

Adz-dzariat ayat 18

Orang-orang yang senantiasa berbuat baik adalah orang yang senantiasa beristighfar kepada Allah di waktyu sahur ( Ujung malam), dan diwaktu itu orang yang beristighfar Allah ampuni dosa-dosanya. Adapun salah satu yang menjadi faktor dikabulkannya do’a-do’a adalah sedikit atau terhapusnya dosa dalam diri kita, sehingga jarak untuk dikabulkannya do’a sangatlah dekat tanpa ada yang menghalanginya yaitu dosa.

Para ulama dan orang-orang shaleh terdahulu selalu memulai do’anya dengan memperbanyak istighfar dan dapat dipastikan bahwasannya hampir setiap do’a-do’anya dikabulkan oleh Allah swt. Diwaktu sahur orang-orang yang beriman selalu memperbanyak istighfar memohon ampunan kepada Allah swt. Dan melangitkan do’a-do’anya kepada Allah swt.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00