Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Ramadhan Berbagi Zakat, Kewajiban Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Ramadhan Berbagi Zakat

Ramadhan Berbagi Zakat – Zakat Fitrah merupakan zakat yang ditunaikan setahun sekali di bulan Ramadhan. Zakat ini disyari’atkan sejak tahun kedua hijriah bulan Sya’ban. Sejak saat itu, zakat fitrah menjadi sesuatu yang diwajibkan bagi setiap muslim yang memiliki kelebihan dari keperluan keluarga yang wajar pada malam dan hari raya Idul Fitri.

Pada dasarnya tujuan dari menunaikan zakat fitrah ialah untuk menyempurnakan ibadah puasa dibulan Ramadhan. Kemudian, zakat fitrah juga memiliki tujuan untuk membersihkan diri dari kotoran dosa-dosa kecicl, sehingga ketika hari raya Idul Fitri tiba, seorang muslim kembali pada keadaan fitrah dan suci seperti waktu pertama ia dilahirkan.

Ramadhan Berbagi Zakat
Zakat Fitrah menyempurnakan ibadah puasa di bulan Ramadhan

Para ulama sepakat bahwa zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim, hal itu didasarkan pada hadits Ibnu Umar RA yang berkata : “Rasulullah saw mewajibkan zakat fitrah bulan Ramadan sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas setiap muslim merdeka atau hamba sahaya laki-laki atau perempuan” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits diatas, zakat fitrah diwajibkan bagi setiap muslim, baik merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak, kaya maupun miskin. Adapun bagi seorang laki-laki, ia wajib mengeluarkan zakat untuk dirinya dan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya.

Dan bagi seorang perempuan, ia mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya sendiri atau oleh suaminya. Bayi yang masih  berada dalam kandungan belum terkena kewajiban zakat fitrah. Akan tetapi, ketika bayi tersebut lahir sebelum matahari terbenam pada hari terakhir bulan Ramadhan, maka zakat fitrahnya wajib dikeluarkan di bulan Ramadhan. Begitu juga dengan orang yang meninggal pada hari terakhir di bulan Ramadhan, kewajiban zakat fitrahnya wajib ditunaikan.

Kadar Zakat Fitrah

Imam Syafi’i, Imam Malik, Imam Ahmad dan para ulama lainnya sepakat bahwa zakat fitrah ditunaikan sebesar satu sha’ kurma, gandum, atau makanan lain yang menjadi makanan pokok di setiap negeri yang bersangkutan. Adapun di Indonesia satu sha’ dibakukan menjadi 2.5 KG dan makanan pokoknya adalah  beras.

Ramadhan Berbagi Zakat

Selanjutnya, Imam Hanafi berpendapat bahwa zakat fitrah boleh dibayar dengan uang senulai bahan makanan pokok yang wajib dikeluarkan. Namun, ukuran satu sha dalam madzab hanafiyyah lebih tinggi dari pendapat ulama lain yakni 3.8 KG.

Menyikapi perbedaan tentang kadar zakat fitrah tersebut, ada pandangan yang berusaha mengombinasikan selurh pendapat. Jadi, ketika kita bermaksud membayar zakat fitrah dengan beras, sebaiknya mengikuti pendapat yang mengatakan 2.5 KG beras. Selanjutnya, ketika kita bermaksud membayar zakat fitrah menggunakan uang, gunakanlah patokan 3.8 kg beras. Hal demikian diambil demi kehati-hatian dalam menjalankan ibadah.

Waktu Membayar Zakat Fitrah

Ramadhan Berbagi Zakat
Zakat fitrah dapat dikeluarkan dari awal bulan suci Ramadhan hingga sebelum waktu sholat idul fitri

Zakat fitrah dapat dikeluarkan dari awal bulan suci Ramadhan hingga sebelum waktu sholat idul fitri di hari-hari terakhir bulan suci ramadhan. Itulah dasar pokok yang membedakan zakat fitrah dengan sedekah-sedekah lainnya. Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi :

“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Sahabat, kami mengajak untuk menunaikan zakat fitrah sahabat beserta keluarga di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Insyallah Zakat Fitrah nya tersalurkan kepada masyarakat yang tepat.

Ayo bahagiakan masyarakat dhuafa serta keluarga yatim dalam moment lebaran tahun ini dengan Zakat Fitrah Ayah / Bunda sekarang.

Klik Disini : https://indonesiaberbagi.id/donasi/donasi-zakat/

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00