Sambut Ramadhan 1444 H dengan Melakukan Amalan Ini

Ramadhanberbagi.id – Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang dinantikan oleh setiap Muslim di berbagai pelosok dunia. Pada bulan ini, umat Islam akan menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh serta melakukan amalan-amalan lainnya.

Pada bulan yang suci ini, seluruh amal kebaikan pahalanya dilipatgandakan. Hal itu menjadikan sebagian besar umat Islam mengonsentrasikan dirinya untuk memperbanyak ibadah pada bulan ini seperti memperbanyak dzikir, tilawah, sedekah, shalat sunnah, dan amalan lainnya.

Menjadi versi diri terbaik adalah output yang diharapkan setelah Ramadhan berakhir, agar Ramadhan dapat diisi secara optimal dengan ibadah, seorang Muslim hendaknya mempersiapkan diri dengan baik sebelum Ramadhan.

Cara Menyiapkan Diri dalam Menghadapi Ramadhan

Agar dapat maksimal dalam mengisi setiap detik di bulan Ramadhan dengan kebaikan, kamu dapat mempersiapkan diri dengan melakukan beberapa amalan berikut ini.

  1. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Kualitas ibadah yang dikerjakan oleh seorang Muslim dapat dilihat dari sejauhmana keikhlasan dan kekhusyuannya. Hal ini berkaitan dengan niat dari ibadah itu tersendiri, apakah niat karena Allah dan mengharap ridho-Nya atau niat di luar itu seperti mendapatkan pujian dari orang lain atau perbuatan riya lainnya.

  1. Merutinkan Tilawah Al-Quran

Ramadhan disebut juga sebagai bulan Al-Quran, hal itu dikarenakan pada bulan yang suci ini Al-Quran diturunkan. Memperbanyak bacaan Al-Quran menjadi salah satu amalan utama yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan.

Agar maksimal dalam mencapai target tilawah di bulan Ramadhan, persiapan yang harus dilakukan oleh seorang Muslim adalah merutinkan tilawah jauh sebelum Ramadhan tiba. Bahkan, setiap hari yang dilaluinya pun hendaknya menyisakan waktunya tilawah dan mendekatkan diri dengan Al-Quran.

  1. Membiasakan Puasa Sunnah dan Memperbanyaknya

Persiapan menjelang Ramadhan berikutnya dengan membiasakan puasa sunnah sebelum datangnya bulan Ramadhan. Puasa sunnah yang dapat dilakukan antara lain puasa Senin dan Kamis ataupun memperbanyak puasa pada bulan Syaban.

  1. Berusaha Khusyuk Melaksanakan Sholat

Shalat adalah ibadah pertama yang akan dihisab pada hari kiamat kelak, dengan demikian melaksanakan shalat harus dengan pelaksanaan terbaik yakni dengan khusyuk dan berjamaah dalam melaksanakannya.

Shalat terdiri dari shalat wajib lima waktu dan shalat sunnah, selain meningkatkan kekhusyuannya kita juga dapat memperbanyak kuantitas shalat sunnah yang terdiri dari shalat sunnah rawatib, dhuha, witir, tahajud, dan shalat sunnah lainnya.

Baca Juga: Menumbuhkan Keshalihan Ritual dan Sosial di Bulan Ramadhan

Menjelang Ramadhan, kita dapat memperbaiki diri sebagai bentuk penyambutan terbaiknya dengan cara melihat kembali kualitas shalat kita. Sehingga, ketika Ramadhan telah tiba kita dapat mengoptimalkan bulan tersebut untuk ibadah dan setelah Ramadhan berakhir semoga dapat mengimplementasikan amalan-amalan dengan cara terbaik pada sebelas bulan berikutnya.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kamu persiapkan dan ditingkatkan untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Ramadhan. Mari kita berdoa semoga kita disampaikan pada bulan yang penuh berkah tersebut dan mengoptimalkan ibadah di dalamnya.

Leave a Reply