Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Sedekah tanpa harta dibulan Ramadhan, apa bisa?

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

sedekah tanpa harta dibulan ramadhan

Tidak terasa Ramadhan berjalan begitu cepat, hingga sampai hari ini kita telah menginjak hari ke-11, semoga semua amal ibadah kita diterima oleh Allah swt. dan dibalas dengan limpahan pahala yang berlipat ganda. Namun, ada satu pertanyaan, disepuluh hari pertama yang telah berlalu, apa saja amal ibadah yang kita kerjakan? Sudah maksimalkah? Sudahkah memperbanyak sedekah? semoga semua amal ibadah kita meningkat dan begitu juga dengan sedekah.

Memasuki fase kedua atau sepuluh hari kedua ini, kita juga perlu mempersiapkan diri dan memperbanyak amal kebaikan termasuk sedekah. Nah, berbicara tentang sedekah ini, tidak selamanya bisa dilakukan menggunakan harta yang kita miliki, akan tetapi ada juga sedekah tanpa harta yang bisa kita lakukan untuk mengisi bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Dengan demikian kesempatan untuk bersedekah sangat terbuka untuk siapa saja, terlebih dibulan Ramadhan ini.

Setiap orang memiliki kesempatan untuk melakukan sedekah, dan sedekah tidak selamanya menggunakan harta. kita semua bisa bersedekah menggunakan tenaga, pikiran, kekuasaan serta kedudukan kita. Nah, Berikut adalah sedekah tanpa harta yang bisa kita kerjakan dibulan Ramadhan ini yang tengah dilanda pandemic COVID-19 ini.

Berkata yang baik

Seorang muslim harus senantiasa mengucapkan perkataan yang baik, terlebih dibulan Ramadhan ini sudah selayaknya kita semua meninggalkan kata yang tidak baik dan menggantinya dengan kata yang baik, menenangkan serta memiliki nilai manfaat bagi siapa saja yang mendengarkan kata yang telah diucapkan oleh kita.

Berkatalah yang baik, jangan sampai apa yang kita katakana melukai atau membuat orang lain tidak nyaman dengan kita. Sebab salah satu adab bertetangga atau bermasyarakat adalah dengan menjaga lisan. Dan salah satu yang banyak menyebabkan orang terjerumus kedalam api neraka juga lisan. Dengan demikian sebagai seorang muslim, terlebih dalam suasana yang sangat baik yaitu suasan Ramadhan kita harus senantiasa berkata-kata yang baik.

Berkata yang baik juga merupakan salah satu amalan sedekah yang dapat kita kerjakan dengan muda, hal itu sesuai dengan sabda nabi saw. sebagai berikut.

Memperbanyak dzikir

Berdzikir adalah salah satu cara kita untuk selalu senantiasa dekat dengan Allah swt. banyak sekali manfaat dan keutamaan dari berdzikir. Ditengah pandemic COVID-19 ini dimana semua orang dihimbau untuk menjaga kesehatan diri dengan berdiam diri dirumah merupakan sebuah moment yang tepat untuk memperbanyak dzikir dan mengingat Allah, sehingga setiap detik waktu kita dibulan Ramadhan ini memiliki nilai pahala disisi Allah swt.

Memperbanyak dzikir merupakan salah satu amalan sedekah yang dapat kita kerjakan dengan mudah. Hal itu berdasarkan hadits nabi saw. sebagai berikut.

Berbagi Ilmu Melalui Medsos

Ditengah mewabahnya COVID-19 yang melanda Indonesia dan hampir seluruh dunia, Media Social adalah salah satu media yang banyak digunakan oleh setiap orang. Dalam waktu sehari, seseorang bisa membuka handphone dan media sosial kurang lebih sebanyak 3-5 Jam. hal tersebut merupakan kesempatan bagi kita untuk berbagi ilmu pengetahuan yang bermanfaat menggunakan media sosial.

Dengan media sosial kita bisa berbagi banyak ilmu pengetahuan tanpa batas, baik itu ilmu agama, kesehatan atau resep-resep masakah bagi ibu-ibu atau orang-orang yang suka masak. Terlebih ditengah pandemi ini, setiap orang memerlukan asupan informasi, bacaan atau tontonan yang menenangkan dan membangun semangat, hal itu merupakan kesempatan bagi kita untuk berbagi ilmu yang bermanfaat melalui konten-konten di media sosial.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00