Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Sempurnakan Ikhtiar Menggapai Lailatul Qadar

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

menjemput malam lailatul qadar

Sepuluh hari tearakhir adalah hari-hari yang sangat ditunggu oleh setiap muslim yang menginginkan keutamaan bulan ramadhan. Selain hari-hari pembebasan dari api neraka pada sepuluh hari terakhir juga ada sebuah malam yang dirahasiakan, dimana jika ada seorang hamba yang beribadah pada malam itu ia akan mendapatkan pahala ibadah sebagaimana pahala orang yang beribadah selama seribu bulan.

Adapun malam itu adalah malam lailatul qadar, malam seribu kemuliaan, malam yang lebih baik daripada seribu bulan, malam dimana para malaikat beserta jibril turun ke bumi untuk me ngatur segala urusan serta malam yang diliputi banyak kesejahteraan serta kebahagiaan sampai terbitnya fajar. Sungguh sangat beruntung bagi seorang muslim yang bisa mendapatkan keutamaan dari malam yang sangat mulia ini.

Adapun ayat atau dalil yang berkaitan dengan malam lailatul qadar adalah QS. Al-Qadr 1-5 sebagai berikut.

Pada malam lailatul qadar ini dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah yaitu taddir selama satu tahun. Hal ini berdasarkan firman Allah swt. sebagai berikut.

Mengenai waktu kapan adanya malam lailatul qadar hal itu merupakan rahasia dari Allah swt. dengan demikian setiap orang muslim harus mencarinya dengan ikhtiar yang maksimal pada malam-malam ganjil disepuluh hari terakhir. Hal ini berdasarkan sabda nabi sebagai berikut.

Adapun bagi seorang muslim yang lemah atau tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mencari malam lailatul qadar ia bisa mencarinya pada tujuh hari terakhir dibulan ramadhan, sebagaimana sabda nabi saw. sebagai berikut.

Adapun hikmah dari dirahasiakannya malam tersebut adalah pertama seorang hamba akan bersungguh-sungguh menjalankan ibadahnya setiap hari disepuluh malam terakhir dibulan ramadhan.

Kedua, hikmah dari dirahasiakannya malam tersebut merupakan potensi yang besar bagi seorang hamba untuk melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya pada sepuluh malam terakhir dibulan ramadhan, hal ini menjadikan kesempatan yang besar bagi seorang muslim untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dibulan ramadhan ini.

Selain diberi kabar bahwa malam lailatul qadar akan datang pada tanggal-tanggal ganjil di sepuluh malam terakhi ramadhan. Kita juga diberi kabar mengenai tanda-tanda hadirnya malam lailatul qadar. Adapun tanda-tanda malam lailatul qadar seperti yang terdapat dalam sabda nabi saw. sebagai berikut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Lailatul Qadar?

Pada sepuluh malam terakhir dibulan ramadhan tahun-tahun sebelumnya, hampir seluruh muslim mencari malam lailatul qadar dengan cara memperbanyak I’tikaf dimesjid. Namun keadaan saat ini berbalik dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan mewabahnya virus corona atau COVID-19 mengakibatkan adanya larangan berkerumun sampai masjid-mesjidpun ditutup sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

beribadah bersama keluarga dari rumah
shalat berjama’ah bersama keluarga

Keadaan memang berbalik dari tahun-tahun sebelumnya, namun kesempatan untuk mendapatkan malam lailatul qadar tetaplah terbuka. Ditengah mewabahnya pandemic virus corona ini kita bisa memaksimalkan seluruh ibadah dibulan ramadhan termasuk dalam mencari malam lailatul qadar dari rumah.

Kita bisa meraih malam lailatul qadar bersama-sama dengan keluarga tercinta dari rumah dengan cara mendirikan shalat berjam’ah, berdzikir, tilawah quran serta memperbanyak do’a pada malam-malam terakhir dibulan ramadhan. Sebab, yang menjadi nilai pokok dari cara mencapai lailatul qadar adalah bersungguh-sungguh ibadah pada malam tersebut.

Semoga kita semua  bisa meraih malam lailatul qadar serta mendapatkan kebaikan ramadhan pada tahun ini, sehingga kita tidak termasuk kedalam orang-orang yang rugi bahkan menyesal karena hanya mendapatkan rasa haus dan lapar saja dibulan ramadhan ini tanpa sedikitpun mendapatkan kebaikan serta keberkahannya.

Adapun pada sepuluh malam terakhir dibulan ramadhan ini kita dianjurkan untuk memperbanyak do’a kepada Allah swt. berikut adalah do’a yang masyhur untuk kita panjatkan di sepuluh malam terakhi ramadhan.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00