Tips Atasi Kantuk Setelah Makan Sahur

Ramadhanberbagi.id – Seusai makan sahur terkadang rasa kantuk tak bisa dihindari sehingga sebagian orang memilih tidur kembali. Agar dapat mengendalikan diri supaya tidak tidur kembali selepas makan sahur, seorang muslim hendaknya mengetahui tips mengatasi kantuk setelah makan sahur.

Tips mengatasi kantuk setelah makan sahur menjadi penting sebab tidur selepas makan sahur memiliki dampak yang kurang baik mulai dari dapat meningkatkan asam lambung, berat badan, serta melewatkan keberkahan dan rezeki yang datang di waktu pagi.

Rasa kantuk selepas sahur terkadang menjadi satu hal yang tak bisa dihindari. Namun, jika berusaha kamu bisa menghindari rasa kantuk tersebut, berikut adalah beberapa tips mengatasi rasa kantuk selepas makan sahur.

1. Mandi atau mengambil air wudhu

Tips Mengatasi Kantuk Setelah Makan Sahur
(Foto: Unsplash)

Saat kamu merasakan kantuk setelah makan sahur, cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah mandi atau berwudhu menggunakan air dingin.

Mandi di waktu subuh selain dapat menghindarkan rasa kantuk ternyata dapat juga membuat tubuh lebih segar dan membuat kulit lebih sehat dan kencang.

2. Melakukan olahraga ringan

Tips Mengatasi Kantuk Setelah Makan Sahur
(Foto: Unsplash)

Meski sering dihindari saat melakukan ibadah puasa, olahraga di waktu subuh tetap bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan kesiapan dan kekuatan tubuh untuk berolahraga.

Namun demikian, berolahraga secara berlebihan di pagi hari perlu dihindari agar tidak menyebabkan aktivitas setelah olahraga menjadi tidak maksimal.

3. Hindari makan berlebihan saat sahur

Tips Mengatasi Kantuk Setelah Makan Sahur
(Foto: Unsplash)

Makan secara berlebihan saat makan sahur bukanlah hal yang baik dan tentunya perlu kamu hindari. Sebab, makan dalam porsi yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah antara lain menimbulkan rasa kantuk dan sakit perut.

Dengan demikian, perhatikan kebutuhan kalori tubuh agar kamu dapat mengonsumsi makanan yang tepat dan tentunya mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu.

4. Tetap nyalakan lampu

Tips Mengatasi Kantuk Setelah Makan Sahur
(Foto: Pixabay)

Bagi kamu yang sering mengalami rasa kantuk setelah makan sahur usahakan agar lampu tetap nyalat terang. Hindarilah ruangan yang memiliki pencahayaan yang redup. Sebab, dengan adanya cahaya yang terang, mata akan lebih mudah untuk terjaga dan terhindar dari rasa kantuk dan tidur setelah makan sahur.

5. Tidur lebih awal

Tips Mengatasi Kantuk Setelah Makan Sahur
(Foto: Unsplash)

Agar terhindar dari rasa kantuk setelah makan sahur, cobalah untuk mengatur jadwal tidur lebih awal. Artinya kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk tidur lebih awal misalkan setelah shalat tarawih.

Tidur lebih awal menjadi salah satu cara ampuh untuk mengurangi rasa kantuk di saat subuh atau setelah makan sahur.

6. Bincang bersama keluarga

Tips Mengatasi Kantuk Setelah Makan Sahur

Cara selanjutnya untuk mengatasi rasa kantuk setelah makan sahur ialah berbincang bersama keluarga tercinta. Dalam hal ini, kamu dapat membuat obrolan yang menarik dan ramai bersama keluarga sehingga rasa kantuk bisa hilang.

Berbincang bersama keluarga di pagi hari setelah sahur dan shalat subuh, selain menghilangkan rasa kantuk juga dapat meningkatkan kedekatan bersama keluargamu.

Baca Juga: Bolehkah Makan Gorengan Saat Buka Puasa?

7. Menghirup udara segar

Tips Mengatasi Kantuk Setelah Makan Sahur
(Foto: Pixabay)

Menghirup udara segar di waktu subuh menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindarkan diri dari rasa kantuk setelah makan sahur.

Tak jarang, ketika menghirup udara segar, maka tubuh kita pun akan turut segar sehingga pada akhirnya rasa kantuk menjadi hilang.

Leave a Reply