Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Tips Mudah Khatamkan Tilawah Al-Qur’an

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Tips Khatam Al-Quran

Tips Khatam Al-Qur’an – Ramadhan sudah hampir berakhir, Adakah diantara kita yang masih kesulitan dalam mengkhatamkan tilawah Al-Qur’an di Ramadhan tahun ini?

Semoga kita semua mampu mengkhatamkan tilawah Al-Qur’an dan mampu istiqamah berinteraksi bersama Al-Qur’an setelah Ramadhan nanti. Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an. Dengan demikian selain menjalankan ibadah puasa, kita juga dianjurkan memperbanyak tilawah Al-Qur’an selama bulan Ramadhan, minimal satu kali khataman.

Rasulullah SAW beserta para sahabat telah mencontohkan, dimana pada bulan Ramadhan ini mereka lebih banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an. Ada yang mengkhatamkannya satu kali, dua kali, tiga kali, bahkan ada juga yang mampu mengkhatamkannya sebanyak sepuluh kali di bulan Ramadhan.

Tentunya kita semua mengetahui bahwa membaca Al-Qur’an salah satu amalan yang paling utama. Allah akan melipatgandakan pahala bagi siapa saja yang mampu membacanya. Bagi seorang muslim yang lancar dalam membacanya maka derajatnya akan disamakan seperti para malaikat yang suci lagi taat. Kemudian, bagi siapa saja yang membacanya dengan terbata-bata, Allah akan memberikannya dua pahala.

Sunguh sangat menguntungkan bukan berinteraksi dengan Al-Qur’an? Sangat jelas bahwa berinteraksi dengan Al-Qur’an adalah perniagaan yang sangat menguntungkan. Tak hanya mendapatkan kemudahan dan keberkahannya di dunia, bagi siapa saja yang istiqamah membacanya, Al-Qur’an akan datang memberikan syafa’at pada hari kiamat kepada para pembacanya.

Sahabat, betapa besar keutamaan dari membaca Al-Qur’an yang akan kita dapatkan diatas. Terlebih di bulan Ramadhan ini seluruh pahala amal kebaikan akan Allah lipat gandakan. Semoga kita semua mampu istiqamah membaca Al-Quran setiap hari dan dapat mengkhatamkannya minimal satu bulan sekali.

Adapun bagi yang masih merasa kesulitan dalam mengkhatamkan Al-Qur’an, sahabat  bisa mengikuti tips-tips berikukut ini.

Kuatkan Niat dan Motivasi

Tips Khatam Al-Quran
Kuatkan niat dan motivasi dalam membaca Al-Qur’an.

Dalam sebuah riwayat disebutkan  bahwa amal tergantung pada niatnya. Begitupun dalam tilawah dan mengkhatamkan Al-Qur’an, niat haruslah dikuatkan agar menjadi motivasi bagi diri kita untuk mampu mengkhatamkan Al-Qur’an. Niat dan motivasi yang kuat akan mendatangkan semangat dalam diri untuk terus bertilawah dan mengkhatamkannya.

Kelola Waktu dan Konsisten Tilawah

Tips Khatam Al-Quran

Dalam mengkhatamkan Al-Quran satu kali selama satu bulan artinya kita harus tilawah minimal satu juz dalam satu hari. Untuk itu perlu mengelola waktu agar mampu tilawah satu hari satu juz, misalnya satu juz terdiri dari 10 lembar, maka 10 lembar tersebut tinggal dibagi pembacaannya sesuai shalat wajib. Akan tetapi, berhubung Ramadhan akan segera berakhir, jumlahnya bisa kita tambah agar bisa ngebut khatamnya.

Manfaatkan Waktu Luang

Tips Khatam Al-Quran

Sahabat, waktu luang yang kita miliki bisa juga kita manfaatkan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Misalkan jika ada kesempatan sahabat bisa bertilawah minimal dalam waktu sepuluh menit atau seterusnya. Insyaallah, jika kita mampu memanfaatkan waktu luang, tak akan ada lagi perasaan sulit dalam mengkhatamkan Al-Qur’an.

Sebelum Ramadhan benar-benar pergi meninggalkan kita, yuk tingkatkan lagi intensitas tilawahnya. Kita bisa menambah jumlah halaman yang kita baca dalam sekali tilawah. Semoga Allah memudahkan ikhtiar kita untuk khatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini, mengingat palah membaca Al-Qur’an yang sangat luar biasa.

Baca Juga : Dua Sifat Ini Jadikan Kita Umat Terbaik Saat Ramadhan

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” ( HR Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’)

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00