Tips Sehat Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

Ramadhanberbagi.id – Selama menjalankan ibadah puasa, momen berbuka puasa merupakan salah satu momen yang paling ditunggu. Saat berbuka puasa, kesehatan harus tetap diperhatikan dengan  menerapkan berbuka puasa sehat dan menjaga pola makan sehat selama bulan Ramadhan.

Tak bisa dipungkiri, saat berbuka puasa setiap orang ingin menyantap apa saja yang tersedia di meja makan. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar bagi yang berpuasa karena telah menahan haus dan lapar selama satu hari penuh.

Namun, memerhatikan cara berbuka puasa yang sehat tetap harus dilakukan supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan saat yang diakibatkan oleh makan secara berlebihan.

Tips Sehat Buka Puasa
(Foto: Pexels.com)

Agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa, berikut adalah tips berbuka puasa sehat yang harus kamu ketahui.

  1. Memilih menu buka yang sehat

Pilihlah menu yang sehat saat berbuka puasa dan sebisa mungkin kurangi atau hindari konsumsi makanan dan minuman olahan yang manis saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa kamu dapat memilih menu takjil yang sehat seperti mengonsumsi air putih beserta buah-buahan tanpa ada bahan campuran dan tidak banyak mengandung tambahan gula.

Dalam hal ini, kamu dapat memilih menu takjil sehat seperti, tiga butir kurma dan segelas air putih, buah-buahan (pisang, semangka, melon, dll), puding rendah gula, kolak pisang dan ubi tanpa santan, dan lain sebagainya.

  1. Tidak langsung makan berat

Hindari langsung makan berat saat berbuka puasa, hal itu untuk menghindari gangguan pencernaan seperti perut terasa begah, kembung, atau sakit.

Sebab itu, untuk membatalkan puasa kamu cukup mencicipi takjil puasa seperti tiga butir kurma dan satu gelas air putih. Setelah itu sebaiknya kamu melakukan shalat Magrib terlebih dahulu dan setelah itu kamu dapat mengonsumi makanan berat.

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Perhatikan kebutuhan cairan tubuh saat berbuka puasa, tujuannya agar kamu tubuhmu tetap terhidrasi setelah seharian penuh menahan haus.

Selain dengan mengonsumsi air putuh, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti buah-buahan yang mengandung banyak kadar air ataupun sayur sop.

Sebisa mungkin hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti soft drink dan mengandung kafein.

Tips Sehat Buka Puasa
(Foto: Pixabay)
  1. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang

Menu makanan buka puasa idealnya memiliki kandungan gii seimbang yang didalamnya terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Untuk mendapatkan itu, kamu dapat memilih ragam makanan seperti nasi, sop, ayam, ikan, daging sapi, tumis sayur, roti gandum, dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan makanan yang perlu dihindari

Selain memperhatikan makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi seimbang, kamu juga harus tetap memperhatikan makanan dan minuman yang perlu kamu hindari.

Hal itu karena ada beberapa jenis makanan yang tidak cocok untuk dikonsumsi saat berbupa puasa, terutama bagi kamu yang memiliki gangguan pencernaan.

Selama menjalankan ibadah puasa, hindarilah makanan cepat saji dan makanan yang diawetkan, makanan tinggi lemak, serta makanan yang mengandung banyak gula dan garam tambahan.

Pilihlah menu takjil dan makanan buka puasa yang menyehatkan serta memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu.

  1. Hindari makan secara berlebihan

Makan dan minum secara berlebihan saat berbuka puasa tidak disarankan demi kesehatan dan kelancaran aktivitas ibadahmu. Pada sebuah kondisi makan secara berlebihan dapat menjadikan perutmu terasa begah dan berat untuk melakukan aktivitas ibadah seperti shalat tarawih, tilawah, dan lainnya.

Baca Juga: Menumbuhkan Kebiasaan Baik di Media Sosial Selama Bulan Ramadhan

Dari sisi kesehatan, makan dan minum secara berlebihan dapat menjadi salah satu sebab naiknya berat badan secara drastis dan menjadikanmu lebih beresiko terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Leave a Reply