Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Wajib Diketahui, Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehetan Tubuh

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

Buka Puasa Bersama Yatim

Puasa merupakan salah satu ibadah sering dijalani oleh setiap muslim, dalam ilmu fikih puasa dibagi kedalam dua jenis, pertama puasa wajib yang meliputi puasa dibulan Ramadhan selama satu bulan penuh,puasa nadzar dan puasa kafarat (denda atau tebusan). Kedua Puasa Sunnah yakni puasa Senin Kamis, Ayyamul bidh, Puasa Syawal dan lain sebagainya.

Ditinjau dari ilmu kesehatan, Jika tidak dilakukan dengan sehat, puasa dapat melemahkan tubuh dan tentunya membahayakan kesehatan. Akan tetapi sebaliknya, jika puasa dilakukan dengan cara yang sehat, maka puasa dapat bermanfaat bagi kesehatan, baik secara psikis maupun fisik.

Ketika kita berpuasa, tubuh akan mengalamui perubahan sesuai denga lamanya berpuasa. Berdasarkan fakta yang ada, tubuh memerlukan waktu selama delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya untuk menjaga kesehatan tubuh, sebelum melaksanakan puasa kita dianjurkan untuk sahur terlebih dahulu dengan makanan yang cukup serta bergizi.

Secara psikis, puasa dapat menanggualangi stres dan depresi untuk beberapa orang karena mereka belajar untuk mengenadliklan diri. Selain itu, setelah beberapa hari menunaikan puasa tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental.

Kurma merupakan salah satu menu makan sehat ketika sahur dan berbuka puasa

Selanjutnya, ada beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini.

Memperbaiki Kondisi Tubuh

Berpuasa dan diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besarm dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah studi menunjukan bahwa mereka yang berpuasa  sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih renda terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa. Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes.

Namun, dibalik semua itu perlu dilakukan penelitian secara menyeluruh, adapun untuk menjaga kesehatan jantung, selain berpuasa kita juga harus memperbaiki pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat.

Mengurangi Risiko Kanker

Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor [ertumbuhan yang menurun akibat adanya pembatasan asupan, meski perlu diteliti lebih lanjut lagi, puasa membuktikan dapat mengurangi risiko kanker.

Menjaga Berat Badan

Saat berpuasa, akan terjadi pembakaran lemak pada tubuh kita, dimana pembakaran lemak tersebut dapat membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolestrol. Seperti kita ketahui, penurunan berat badan akan berdampak baik dalam pengendalian kolestrol dan tekanan darah.

Disisi lain, berat badan memang akan turun jika kita tidak makan dan tubuh kita tidak mendapatkan asupan kalori selama berpuasa. Namun pada suatu kondisi, berat badan kita akan kembali naik setelah berbuka puasa, jika  saat berbuka puasa anda justru melampiaskan nafsu makan anda.

Dengan demikian, untuk menurunkan berat badan atau menjaganya tetap stabil saat berpuasa, maka kita harus menjaga dan mengatur pola makan kita sebaik mungkin, sehingga peningkatan berat badan dapat kita hindari dan tubuh kita menjadi lebih sehat serta terhindar dari berbagai risiko penyakit yang diakibatkan oleh berat badan yang berlebihan.

Berpuasa merupakan cara terbaik untuk menjaga kebutuhan, disamping itu puasa juga merupakan amalan terbaik yang bisa dikerjakan oleh seorang muslim. Selain itu berpuasa juga memiliki banyak hikmah dan pealajaran yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00