Waktu yang Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan

Ramadhanberbagi.id, Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan – Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan maghfirah, bulan dimana seorang muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amal kebaikan. Pada bulan ini, Allah menutup pintu neraka dan membuka pintu surga, pahala amal dilipatgandakan serta dimudahkan.

Setiap muslim pada bulan ini dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dalam meraih berkah dan maghfirah pada bulan yang mulia ini. Selain itu, setiap muslim juga dianjurkan untuk memanjatkan doa sebanyak-banyak atas hajat dan keinginannya.

Terdapat beberapa waktu yang insyaallah mustajab untuk memanjatkan doa pada bulan Ramadhan. Artinya ketika seorang muslim memanjatkan doa pada waktu tersebut, doanya tersebut berpeluang besar untuk dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

Waktu yang Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan
Umat islam dianjurkan memperbanyak doa pada bulan Ramadhan. (Foto: Pixabay)

Lalu kapan saja waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadha? Simak, berikut adalah beberapa waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan.

1. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu yang mustajab pertama untuk berdoa di bulan Ramadhan ialah pada sepertiga malam terakhir antara pukul 00.00 hingga 03.00. Sepertiga malam merupakan waktu yang efektif untuk memanjatkan doa kepada Allah, Allah akan mengabulkan doa, permintaan, serta permohohan ampun seorang hamba pada waktu ini. Hal tersebut sesuai dengan sabda nabi berikut ini.

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir di setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku akan Kukabulkan, siapa saja yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberi, siapa saja yang memohon ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada waktu ini, kebanyakan orang terlelap dalam tidur, menjadi kemuliaan tersendiri ketika seseorang bangun pada waktu ini kemudian mendirikan shalat tahajud serta memanjatkan doa kepada Allah Ta’ala.

2. Saat Sahur

Makan sahur merupakan salah satu sunnah yang sangat dianjurkan bagi orang yang hendak berpuasa. Sahur menjadi penting untuk dilaksanakan oleh seorang muslim untuk keberlangsungan puasa selama satu hari penuh sehingga puasa yang dijalankan lebih maksimal dan tak hanya sekedar menahan haus dan lapar saja.

Selain itu, waktu makan sahur juga merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan. Dengan demikian, berdoalah sebelum menyantap menu makan sahur dan insyaallah doa tersebut memiliki kesempatan yang besar untuk dikabulkan. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim sebagai berikut.

“Rabb kita turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Saat berpuasa

Selama berpuasa hingga menjelang buka puasa, doa seorang muslim memiliki kesempatan besar untuk dikabulkan. Dengan demikian, perbanyaklah doa saat menjalankan ibadah puasa, baik untuk urusan akhirat, duniawi, hajat yang diinginkan hingga keselamatan bagi seluruh kaum muslimin.

Orang yang berpuasa merupakan salah satu dari tiga golongan orang yang doanya tidak ditolak oleh Allah, hal itu sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi berikut ini.

“Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: (1) orang yang berpuasa hingga ia berbuka, (2) imam yang adil dan (3) doa orang yang dizalimi.” (HR Tirmidzi)

4. Saat berbuka puasa

Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang sangat dinanti oleh seorang muslim yang menjalankan ibadah puasa setelah menahan haus dan lapar satu hari penuh. Disebutkan terdapat dua kebahagiaan bagi orang yang berbuka puasa yakni kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabb-nya.

Selain itu, waktu berbuka puasa juga merupakan waktu yang mustajab bagi seorang muslim untuk memanjatkan doa. Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” (HR Ibnu Majah)

5. Antara adzan dan iqamah

Waktu berikutnya yang mustajab untuk memanjatkan doa ialah diantara adzan dan iqamah. Sebab itu, seorang muslim hendaknya memperhatikan waktu ini untuk memanjatkan doa kepada Allah. Rasulullah SAW bersabda:

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad; shahih)

6. Pada hari Jumat

Hari Jumat dikenal sebagai hari yang istimewa bagi seorang muslim, terlebih pada hari-hari di bulan Ramadhan. Hari Jumat termasuk ke dalam waktu atau hari yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda:

“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa di waktu itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selanjutnya, untuk meraih keberkahan dan kemuliaan hari Jumat, amalkan beberapa sunnah yang dianurkan pada hari Jumat seperti halnya membaca surat Al-Kahfi, bersedekah, bersuci, memperbanyak dzikir dan shalawat, serta amal dan ibadah lainnya.

7. Malam lailatul qadar

Pada bulan Ramadhan terdapat satu bulan yang istimewa yakni malam lailatul qadar. Malam ini disebutkan lebih baik dari pada malam seribu bulan.

Berkaiatan dengan kapan hadirnya malam lailatul qadar, disebutkan bahwa malam lailatul qadar hadir pada malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Pada malam ini, umat islam dianjurkan untuk beritikaf di mesjid dengan memperbanyak shalat sunnah, dzikir, shalawat dan tilawah untuk kemudian mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Baca Juga : Jadikan Ramadhanmu Lebih Baik dengan Cara Ini

Dalam QS. Al-Qadar disebutkan bahwa pada malam ini para malaikat turun ke bumi untuk mengatur berbagai urusan.

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan..”(Q.S. AL-Qadr : 4 )

Demikianlah beberapa waktu yang mustajab yang bisa digunakan untuk memanjatkan doa pada bulan Ramadhan. Semoga bulan Ramadhan ini menghadirkan banyak kebaikan dari dalam diri sehingga menjadikannya lebih baik dari tahun sebelumnya.

Leave a Reply