Jl. H. Naman no.60 - Pondok Kelapa - Jakarta Timur
021-86905367
yrlajt05@gmail.com

Zakat Fitrah Menyempurnakan Puasa Ramadhan

Ramadhan Berbagi Inspirasi, Ilmu, serta syiar Islam dengan membahagiakan yatim dhuafa pada bulan berkah.

zakat fitrah

Zakat merupakan salah satu dari Rukun islam yang lima, artinya setiap muslim memiliki kewajiban untuk menunaikannya. Baik zakat fitrah maupun zakat Maal (harta) semuanya merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim tentunya bagi yang mampu. Adapun perbedaan keduanya adalah zakat maal ditentukan oleh banyaknya harta yang dimiliki dihasilkan sedangkan zakat fitrah semua muslim wajib membayar dengan jumlah yang sama.

Adapun zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan kepada setiap muslim pada bulan ramadhan yang renggang waktunya dari awal ramadhan sampai sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri. Setiap muslim dari dewasa sampai anak-anak wajib menunaikan Zakat Fitrah ini. hal itu sesuai dengan sabda nabi Saw, sebagai berikut.

Dari hadits diatas kita dapat mengambil beberapa kesimpulan diantaranya, bahwa setiap muslim wajib membayar zakat fitrah, jumlah zakat fitrah sebesar satu Sho’ kurma dan gandum ( Ulama sepakat bahwa di Indonesia satu Sho kurma dan gandum diganti dengan 2,5 -2,7 KG. beras) dan zakat fitrah ditunaikan maksimal sebelum dilaksanakannya shalat Idul Fitri.

Dalam pelaksanannya jika tidak ada Beras 2,5 Kg tersebut, para ulama bersepakat zakat tersebut bisa dibayar dengan uang yang nilainya sama dengan 2,5 KG beras. Hal ini berdasarkan pada prinsip zakat tersendiri yaitu untuk memudahkan para penerima manfaat agar memiliki makanan atau kebutuhan pokok pada saat hari raya Idul Fitri.

Sebagai salah satu Instrumen yang terdapat dalam rukun islam, zakat atau lebih tepatnya zakat fitrah merupakan salah satu amalan yang dapat menyempurnakan Ibadah Puasa pada bulan ramadhan. jika diibaratkan pada sebuah bangunan, zakat merupakan salah satu hal yang  harus ada dalam bangunan tersebut, dan jika tidak ada maka bangunan tersebut akan menjadi cacat atau kurang indah untuk dipandang atau ditempati.

Keutamaan Zakat Fitrah Sebagai Penyempurna Ibadah Puasa Ramadhan

1.Membersihkan Diri Dan Menyempurnakan Puasa

Keutamaan zakat fitrah dilihat dari kebermanfaatannya bagi orang yang berpuasa adalah membersihkan diri dari segala perbuatan dosa selama menajalankan ibadah puasa sehingga dengan menunaikannya akan menyempurnakan pahala ibadah puasa.

Selama menjalankan ibadah puasa tentunya sebagai manusia kita tidak bisa terlepas dari khilaf dan dosa baik disengaja atau tidak disengaja. Maka dari itu salah satu fungsi dari zakat fitrah ialah untuk membersihkan diri kita dari perbuatan dosa seperti berkata kotor, berdusta, hasud, dengki terhadap sesama dan lain sebagainya sehingga pahala puasa kita denga melaksanakan zakat fitrah menjadi sempurna.

2. Berbagi Kebahagiaan Dengan Sesama Umat Muslim

Manfaat zakat selanjutnya yaitu dilihat dari kemaslahatannya terhadap umat muslim, dimana pelaksanaan zakat fitrah ini pada prinsipnya untuk saling membantu dengan sesama umat muslim tentunya yang membutuhkan atau termasuk kedalam golongan orang yang berhak menerima zakat.

Dengan bantuan yang dihasilkan dari zakat tersebut harapannya semua umat muslim khususnya yang memiliki kekurangan harta dapat merayakan hari kemenangan Idul Fitri sama seperti muslim yang lainnya.

Pada dasarnya disatu sisi kebahagiaan muncul ketika kita bisa membantu dan meringankan beban orang lain dan disatu sisi juga kebahagiaan muncul dengan terpenuhinya kebutuhan pribadi maupun keluarga. Dengan demikian menunaikan zakat fitrah bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi diri sendiri dan juga bagi penerima manfaat zakat.

Zakat Fitrah di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin menerima dan mendistribusikan kepada kaum dhuafa di lima wilayah binaannya ( di Jonggol – Bogor, Kedung Halang – Bogor, Rajeg – Tangerang, Pondok Kelapa – Jakarta, Tambelang – Bekasi).

Ada pun bentuk penunaiannya :

1. Anda bisa datang ke kantor kami menunaikan langsung sejumlah beras atau sejumlah uang senilai kewajiban dzakat fitrah

2. Relawan kami bisa datang ke tempat Anda untuk mengambil dzakat fitrah Anda

3. Anda bisa transfer sejumlah uang senilai kewajiban dzakat fitrah Anda ke rekening yayasan (bisa klik di sini rekening yayasan)

Semua dzakat fitrah baik yang berupa beras atau sejumlah uang akan kami distribusikan langsung kepada para kaum dhuafa di lima wilayah binaan kami. Tentunya buat kita akan menjadi nilai ibadah yang sangat besar artinya buat kita. Dan buat kaum dhuafa membantu menggembirakan mereka menyambut hari raya Lebaran.

Semoga kita semua termasuk hamba-hambaNya yang selalu bersyukur atas segenap nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita.

Leave a Reply

Informasi lengkap, hubungi kami sekarang

Untuk Partisipasi Ramadhan Berbagi tahun ini .. silakan klik di bawah ini untuk memulai chat.

Customer Service

Desi Fatma

Online

Desi Fatma

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00